17 February 2011

serba serbi internet

internet itu hidup kedua saya saat ini. saat ini?? ya, saat ini. karena dulu saya memang masih acuh dengan semua yang berbau dunia maya, dan saya pun baru aktif untuk mengenal dan mendalami internet selama kurang lebih 4 tahun belakangan ini. dan setelah saat ini, saya pun tak tau apakah internet akan  tetap menjadi hidup saya yang kedua, yang pasti saat ini internet sudah lebih dari sekedar gaya hidup saya.

hal yang sangat menyenangkan dari internet adalah browsing, chatting, searching dan juga downloading. ada banyak hal yang saya temui dengan hanya duduk sendirian berhadapan dengan laptop tercinta saya, seakan saya memasuki dunia lain dari hidup saya. banyak hal baru yang bisa saya dapatkan dari internet, mulai dari teman baru, dunia baru, informasi baru, dll. 

sebut saja social networking yang saat ini sedang naik daun, Facebook. berjuta-juta manusia mempunyai akun di situs tersebut, dari anak kecil hingga kakek nenek. dan dari situs yang berlogo kan huruf f itu, semua orang bisa saling menyapa tanpa harus tahu dulu siapa sebenarnya lawan bicara mereka. yaa, inilah salah satu kemudahan dari internet. kita seolah bisa sangat dekat dengan orang yang mungkin berada di negeri ntah berantah sana, kita bisa saling menyapa baik itu lewat email, chatting maupun video call.

tak hanya itu saja, bagi anda yang sangat suka dengan shopping, anda bisa menyalurkan hobby anda tersebut di internet. tak perlu harus kepasar tradisional yang sangat panas dan sumpek, ataupun mengelilingi mall yang melelahkan. cukup dengan duduk manis di depan laptop ataupun PC anda yang terhubung ke internet, anda sudah bisa bertransaksi mencari dan membeli barang-barang kesayangan anda. seperti halnya online shop yang sudah kita ketahui bhinneka.com, sebuah toko komputer online yang menjual berbagai macam komputer, komponen komputer dan juga gadget lainnya.

internet memang menyediakan berbagai macam fasilitas dan juga kemudahan bagi penggunanya. tapi tetap saja, selalu ada dua sisi dari kehidupan. internet juga bisa menjadi tempat yang sangat asyik untuk melakukan kejahatan, contohnya carding, hacking, defacing, phising, spamming, dll. serta hal yang harus diwaspadai adalah kebebasan di internet. yaa, semua pengguna internet bebas melakukan apa saja di dalamnya. mau baik, mau jahat, semua ada jalannya.
 
tapi dewasa ini yang menjadi sedikit perhatian saya adalah anak-anak kecil yang banyak menghabiskan waktunya dengan bermain game online di warung internet. banyak sekali dampak buruk yang terjadi ketika anak-anak itu sudah kecanduan ngenet. mereka jadi malas belajar, malas untuk bersosialisasi, dan memungkinkan mereka untuk mengakses situs-situs atau informasi yang belum saatnya mereka tau. itulah sebabnya, pengawasan orang tua sangat penting. sebuah pesan sederhana untuk para orang tua, jangan pernah memberikan fasilitas yang memang belum saatnya untuk diberikan ke anak.

pesan terakhir untuk para internet mania. gunakan internet sebaik yang kalian bisa, semampu yang kalian tau. salam dunia maya.. ^_^


tulisan ini diikutsertakan dalam kontes di bhinneka.com

22 comments:

  1. info yang bermanfaat ^_^ ..iya kebanyakn mereka para orang tua yang menyediakan fasilitas internet tidak melakukan pengamanan ...

    ada beberapa client saya yang meminta untuk di blokirkan acces web dewasa dan SARA di wirelessnya ..
    ada beberapa pilihan

    1. protect DNS
    2.Eksternal software blocking
    3.Browser block url
    4.penggunaan OS misal ubuntu muslimedition bagi yang muslim ..

    keep post ...

    ReplyDelete
  2. waaaahhh, sepertinya orang IT nih bang kopi.. thx tambahannya bang.. :)

    ReplyDelete
  3. setuju, jangan menyalahgunakan internet..

    ReplyDelete
  4. sip, memang internet tuh banyak banget gunanya.. buat saya pribadi selain buat ngeblog juga buat facebook atau twitteran.

    dan walaupun banyak manfaatnya, ati-ati jug akarena banyak kejahatan yang mengancam.

    semoga sukses kontesnya!

    ReplyDelete
  5. Semoga kita bisa lebih bijak akan segala sesuatunya..

    tidak hanya dalam berinternet saja mbak.. :)

    ReplyDelete
  6. ada jejaring sosial baru salingsapa.com pembuatnya masih anak SMP :P

    ReplyDelete
  7. Teknologi memang memiliki dua sisi: positif dan negatif. Di satu sisi ia membawa kemanfaatan dan memudahkan kita, di sisi yang lain ia membawa kemadharatan dan mencelakakan. Akhirnya, teknologi, juga termasuk internet, akan tergantung pada manusianya. Pada kita. Apakah mengambil sisi positifnya atau ikut terjerumus pada hal negatifnya.

    Bagi orantua, tanggung jawab menjadi lebih besar untuk menjaga anak-anak dari hal negatif seperti itu.

    terima kasih pencerahannya.
    Salam ukhuwha

    ReplyDelete
  8. Indonesia sehat dengan internet sehat, mantap...

    ReplyDelete
  9. Nongol lagi nih daku
    Salam persohiblogan :)

    Bijak berinternet
    Menikmati media yang memudahkan

    ReplyDelete
  10. archer >> sip, bener banget.. salam kenal :)

    gaphe >> semua hal kan selalu ada dua sisi, hehe.. thx :)

    ReplyDelete
  11. chapunk >> 2thumb deh untuk capunk, setuju..

    cahya >> iya, udah tau mas.. makin banyak aja social networking buatan anak negeri..

    ReplyDelete
  12. beda >> iya, dan seharusnya orang tua jangan terlalu memberikan kebebasan anak-anaknya untuk berselancar di dunia maya.. karena sisi negatifnya akan lebih dominan daripada sisi positif.. salam ukhuwah juga mas :)

    mas >> MERDEKA aja lah kalo gitu.. hehe :)

    haris >> kyk jaelangkung aja tiba2 nongol, hehe (pizz).. yup, bijaklah dalam berinternet.. thx :)

    ReplyDelete
  13. Iya...internet itu baik tdk terganntung bagaimana kita memanfaatkannya.....

    ReplyDelete
  14. bener tuh dhe....waktu baca postingan ini di warnet, anak kecil di sebelah saya lagi main game online berisik banget...hahahaha....sukses sista

    ReplyDelete
  15. hahahahhaha.. :D
    bahkan kadang tu anak2 kecil rela bolos sekolah demi game online.. ckckckckckck..

    ReplyDelete
  16. yes jadi juga, setuju dengan dhe, gunakan internet dengan bijak,. kalau salah menggunkan ya gitu deh jadinya,. tapi ngemeng-ngemeng carding artinya apa ya dhe hehe??

    sukses dhe kontesnya "MERDEKA"

    ReplyDelete
  17. carding itu kejahatan kartu kredit om, lebih jelas tanya om google deh.. hehe.. :D

    ReplyDelete
  18. internet itu dua mata pisau.
    dan tak selamanya informasi yang melimpah itu selalu membuat kita lebih pintar.

    ReplyDelete
  19. rik >> yup bener, pinter2 milih info juga di internet, biar gk salah jalan.. hehe

    ReplyDelete
  20. kayanya internet ini sudah menyatu dalam darahku awww g bs dilepaskan kecuali ada istri disampingku :D

    ReplyDelete
  21. hahahaha, gokil si akang mah.. semoga istrinya bisa sabar menemani akang berselancar di dunia maya.. :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.. ^_^