10 April 2011

kekalahan aku

akhirnya sesuai janji saya tempo dili, saya akan meneruskan puisi lovely brader saya. sobat blogger masih ingat dengan puisi pertamanya?? kalau lupa, silahkan baca lagi disini. dan dipostingan kali ini, saya juga akan menampilkan sosok laki-laki kesayangan saya yang selalu saya panggil lovely brader. untuk yang perempuan, jaga pandangan anda yaa. hehe..

bagaimana, ganteng tak?? oo ya jelas dong, wong mbaknya saja dhenok pasti adiknya ganteng. hahahahaha. sengaja saya kasih foto yang agak sedikit ngeblur, bukan karena saya tak rela melihat adik saya dipandangi oleh sobat blogger yang berjenis kelamin perempuan, tapi karena memang saya tak suka. halah, intinya sama aja. wes, balik ke pokok permasalahan lagi.

25 March 2011

mudik dadakan


biasanya mudik identik saat menjelang lebaran, libur panjang, tahuh baru, atau apalah itu saat mendekati hari-hari penting. tapi sore nanti meskipun tak ada hari penting, saya pun akan melakukan mudik, tepatnya mudik dadakan. hahahaha. kenapa gitu?? yaa, karena tiap saya pulang ke rumah tercinta saya, saya pasti selalu bilang sedang mudik. fotonya agak maksa nih, namanya juga dadakan, jadi saya pun dadakan mencari dan menyiapkan fotonya. hahahahahaha, dimaklumin saja ya om-tante. :D

Maret bener-bener menjadi bulan yang penuh dengan kebingungan, kepusingan, juga keanehan. bulan dimana akhirnya saya menjalani sidang pertama (sangat menegangkan), bulan dimana saya harus belajar sabar dengan setia menunggu sang dosen pujaan hati datang ke kampus hanya untuk meminta tanda tangannya layaknya artis terkenal, bulan dimana saya dimimpikan oleh banyak orang, bulan dimana seluruh komponen pendukung hidup saya pada ngambek, juga bulan dimana saya tak bisa berlari dari kampus tercinta. 

bener-bener suntuk, bahkan kalo ini dikategorikan sebagai kanker, suntuk ini sudah mencapai stadium akhir. alhamdulillah, perjuangan saya selama hampir 2 minggu kemarin untuk revisi dan minta tanda tangan sang dosen-dosen pembimbing saya, akhirnya kelar juga. tepat jam 16:00 WIB, 4 buah tanda tangan dari sang dosen penguji, 2 dosen pembimbing, dan juga tanda tangan sang ketua jurusan sudah berada di genggaman tangan saya. senaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang sekali, tak bisa diuraikan dengan kata-kata (lebay sih, hahahaha). oleh karena itu, sekarang adalah waktunya liburan. lah, kok liburan?? iyaa, karena mudik saya kali ini saya kategorikan sebagai liburan, libur dari kesibukan yang membuat kepala saya cenat cenut selama ini. tak berlibur layaknya om Gaphe yang keliling provinsi ataupun sampai keluar negeri, saya hanya akan melintasi 3 buah anak sungai di daerah Palembang. 

tak sabar untuk segera beranjak dari kamar mungil ini, meninggalkan semua benda-benda yang sudah membuat saya pusing bahkan stress, termasuk meninggalkan semua transportasi dunia maya saya. namanya juga liburan, jadi tak boleh bersentuhan dengan dunia maya dong, biar kesan liburannya itu dapet. hehe. sudah terbayang wajah tampan laki-laki tergagah pujaan hati, senyum maniez perempuan cantik yang selalu saya rindukan, tangisan manja dari sang pangeran kecil, juga celotehan bawelnya Maziya Rahma Hakim. ingin segera menatap mereka secara nyata, dan itu sudah lebih dari sekedar liburan buat saya. 

biasanya saya menyempatkan diri untuk mudik ke rumah tercinta saya setiap sebulan sekali, tapi khusus kali ini saya sudah tak pulang hampir 2 bulan. bahkan terakhir ketika saya menelpon ibunda tercinta saya, ibu tanya seperti ini "nggak ingin pulang to Nok??". hwaaaaaaaaa, sedih sekali dapet pertanyaan seperti itu. ditambah lagi ketika saya sedang ngobrol dengan ibu, little brother saya ikut nimbrung berceloteh ria. ntah apa yang dia ucapkan, tapi mendengar suaranya saja sudah hampir membuat saya ingin menangis. 

okelah, tanpa basa basi lagi. saya mo siap-siap dulu ya sobat blogger, perjalanan saya akan dimulai jam 15:00 WIB nanti, do'akan saya selamat ya. bagi yang berdomisili di Palembang, silahkan kalo ingin nitip oleh-oleh (khusus untuk Palembang dan sekitarnya saja), hahahahahaha. izin titip gubuk saya lagi, paling lama rabu malam saya sudah bisa menyapa kalian lagi, karena rabu sore saya ada kuliah jadi mau tak mau saya pun harus pulang ke tempat bising ini lagi.

selamat menikmati weekend juga yaaa.. 

salam bahagia dari Palembang.. ^_^

*91'91*

23 March 2011

tak pernah berlalu


beberapa hari yang lalu saya dikagetkan oleh sebuah note yang tiba-tiba hadir di wall FB saya, note yang tak lain adalah dari lovely brader saya sendiri. sambil sedikit menahan tawa, saya mulai membaca kalimat kalimat yang sudah tersusun rapi di tulisan itu. sebuah puisi, yaa sebuah puisi. sebuah puisi yang menyadarkan saya bahwa dia bukanlah jagoan kecil saya lagi, melainkan sosok lelaki yang saat ini tengah asyik menikmati rasa baru yang sedang tumbuh dihatinya. 

21 March 2011

mimpi itu membuat saya parno

hmm, saya agak pusing memulai postingan saya kali ini. ntah lah, apa karena di awal bulan ini saya tak memuji Maret layaknya saya memuji awal bulan Januari dan Februari kemarin, tapi saya merasa bahwa Maret kali ini benar-benar sebuah ujian. sudah hampir setengah bulan saya tak bisa leluasa untuk beronline ria, dan setelah hasil eksperimen saya dkk, sepertinya ada seperangkat hardware di laptop saya yang sedang bermasalah. dan saya pun dengan berat hati harus rela untuk tak menyapa semua yang berbau dunia maya dulu. sekalian saja, saya ingin bilang untuk semua sobat blogger tercinta saya, saya merindukan gubuk kalian, merindukan saat-saat dimana saya melihat dan membaca semua ekspresi kalian tentang hidup yang tengah kalian jalani. semoga rindu ini segera terobati. :)

dalam beberapa hari ini pun, masih di bulan Maret, beberapa sahabat dan orang-orang terdekat saya memimpikan hal-hal yang aneh tentang saya. memang tak sampai 9 orang, tapi saya agak sedikit terganggu dengan mimpi mereka. bukan mimpi yang bahagia, karena mereka tak mungkin menanyakan kabar saya secara tiba-tiba kalau mereka mimpi yang baik tentang saya. dalam satu minggu ini, saya pun agak sedikit was-was ketika membaca sms yang masuk di hp saya ketika saya bangun tidur. takut dengan kalimat yang sudah beberapa kali saya temui tiap pagi, "pa kabar??, kamu baik-baik aja kan??, atau semalam saya mimpikan kamu". dari semua orang yang sudah memimpikan saya, kondisi saya di mimpi mereka pun hampir sama. saya sedih, saya nangis, atau saya pingsan. ntahlah, mimpi-mimpi itu masih agak membuat saya parno dalam menjalani hari.

17 March 2011

lagu wajib Indonesia

Indonesia Raya

sumber gambar dari sini

masihkah ingat lagu kebangsaan kita satu ini?? atau diantara sobat blogger semua ada yang nggak hapal atau bahkan udah lupa?? waaaahh, kalo jawaban pertanyaan kedua dari saya adalah IYA berarti sobat blogger harus say thx ke saya atas postingan ini. hehe 

setelah hampir 1 minggu sama sekali tidur dari dunia maya, ini adalah postingan yang sengaja saya buat  sebagai awal jumpa kita lagi. juga postingan spesial untuk kalian sobat blogger ku semua, terutama kalian yang sama dengan saya. kita yang sudah tak lagi memakai seragam putih-hijau, putih-merah, putih-biru ataupun putih-abu-abu, juga kita yang sudah tak lagi melaksanakan ucapara bendera setiap hari senin ataupun menghadiri upacara 17 Agustus. jujur saja, setelah hampir 3 tahun saya melepaskan seragam putih abu-abu saya, saya sendiri juga  tak begitu hapal kalo disuruh menyanyikan lagu Indonesia Raya sendirian. tapi sejak saya mendapatkan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, saya dituntut untuk bisa menghapal lagu tersebut dengan sangat baik, dan alhamdulillah sekarang sudah hapal lagi.

11 March 2011

ternyata XL yang bermasalah

udah hampir setengah dari usia blog ini, saya tak pernah bisa untuk berkomen ria di gubuk sobat blogger dengan nyaman, aman, dan tentram. kepala saya hampir sedikit mengecil karena mikirin masalah ini, karena gk bisa leluasa berkomentar itu sangat mengganggu aktivitas blogging saya. awalnya ada teman yang bilang kalo java saya harus di update, yowes saya update udah hampir 5 kali tetap aja bermasalah. ada yang bilang laptopnya yang virusan, yowes saya basmi semua virus-virus jelek itu pake bayg*n (nyamuk kali), dan tetap saja tak berubah. akhirnya ujung-ujungnya saya pasrah, saya pikir ni laptop harus bener-bener di instal ulang dulu baru ntar bisa komen lagi. singkat cerita, akhirnya sekitar seminggu yang lalu laptop saya resmi masuk ruang UGD dan melakukan pembedahan total, sebenarnya nggak rela tapi apa boleh buat itu semua demi masa depan laptop saya dan juga kuliah saya. 

setelah laptop saya keluar dari ruang UGD, langsung saya pake OL berharap kalo problem yang belum berujung ini bakal menemukan titik cerah. eng ing eng, apa yang terjadi?? tak ada yang berubah, saya tetap tak bisa berkomentar. huuuhh, bingung saya. ini sebenarnya yang bermasalah apa sih?? 

09 March 2011

antara Palembang dan Pontianak

saya : kenapa suka angka 2??
dia : anak ke 2, SD 2, SMP 2, SMA 2, 2 kali pindah kost dan selalu menempati kamar no 2, punya ibu 2. hmm, pokoknya banyak kenangan dengan angka 2. makanya rio pengen dhe nulis dimulai dengan angka 2.
jangan mengerutkan dahi ketika membaca percakapan diatas, anggap aja percakapan diatas sebagai salam pembuka, biar keinginan dia untuk melihat awal tulisan ini dengan angka 2 bisa saya penuhi. hehe

dia adalah salah satu sahabat kecil saya, sahabat ketika saya SD dulu. namanya Rio, dan saat ini dia sedang menempuh pendidikan di Pontianak (sangat jauh kalo dari Palembang). sampe saat ini saya pun masih tak menyangka kalo pada akhirnya saya bisa bertemu lagi dengan dia, setelah 8 tahun kami sama sekali tak pernah bertemu dan berkomunikasi. tepatnya dulu sejak kami tamat SD pada tahun 2002, dan alhamdulillah bertemu lagi pada lebaran Idul Fitri tahun 2010.

08 March 2011

Bahasa Palembang vs Bahasa Indonesia

bingung mo bikin postingan tentang apa.. tentang sahabat?? ahh, aku bukan orang yang terlalu memuja persahabatan.. tentang cinta?? cinta identik dengan teman dekat dan saat ini aku sedang tak punya teman dekat.. tentang kuliah?? kuliahku saat ini lebih rumit dari rumus matematika, dan tak mungkin bisa aku rangkai dengan kata untuk menjelaskannya.. tentang keluarga?? hmm, keluargaku adalah penyemangat hariku saat aku membuka mata dan saat ini aku lebih suka membayangkan senyum maniez pangeran kecilku daripada harus menguraikannya dengan kata.. 

intinya aku lagi buntek akhir-akhir ini, sulit sekali untuk mengisi gubuk mungil ini dengan susunan kata yang harusnya bisa aku rangkai dengan mudah.. padahal kalo gubuk ini bisa ngamuk, mungkin posisi gubuk ini udah kacau balau.. so, daripada gubuk ku beneran merajuk (baca:ngambek), aku bikin postingan unik aja deh untuk menambah wawasan, ilmu or apa kek untuk sobat blogger semua, tentang bahasa Palembang..

cekidot yaaaaaaa.. :)

02 March 2011

kutemukan cintaku di kereta

jangan kaget dengan judulnya, tulisan ini bukan tentang kisah cinta saya kok, hanya sebuah kalimat yang ada di tulisan saya ini. penasaran?? monggo terus dibaca. ^_^

gambar milik mbah google

hayoo ngaku, siapa yang sampe abad 21 gini belum pernah sama sekali naik kereta api?? ckckckckckckckckckck, harus segera dicoba tuh. karena cuma di kereta api kalian bisa mendengar suara pedagang yang menjajakan dagangannya dengan sangat jelas, contohnya :
aqua aqua
nasi nasi
pop mi pop mi
peyek peyek
bongkol bongkol

25 February 2011

arti sebuah nama panggilan

bingung mo mulai nulis darimana, udah mikir sejak 30 menit yang lalu masih aja bingung mo mulai darimana.. okeh, saya mulai sebisa saya saja.. maklumin aja kalo bahasanya aneh, ribet dan nggak nyambung.. hehe

menurut saya nama panggilan itu adalah sebuah keharusan, bahkan kalo dimasukkan ke dalam daftar hukum Islam, hukumnya adalah sunnah. lah kok?? ya iya, karena dengan nama panggilan, kita bisa tau batas mana kedekatan antara kita dengan orang yang kita kasih panggilan. dan menurut saya, nama panggilan itu adalah panggilan unik yang kita kasih ke seseorang selain nama aslinya.

22 February 2011

bercanda dengan air


blogwalking malem-malem memang seru dan selalu saja menemukan hal menarik dari setiap gubuk-gubuk yang saya kunjungi tanpa permisi. seperti hal nya ketika saya mengunjungi gubuk sosok itusosok itu menawarkan sebuah kuis untuk mengulas tulisan Bang Aswi.

dari sekian banyak postingan yang ditawarkan oleh sosok itu, ada sesuatu yang membuat saya langsung tersenyum ketika membaca judulnya "Waterpark : Tertawa di Dalam Air". kenapa saya tersenyum, karena disini istilah waterpark sangat jarang sekali terdengar. wong Palembang lebih suka menyebut FI (fantasy island) daripada menyebut waterpark, mungkin karena waterpark disini belum bisa dikategorikan sebagai waterpark sungguhan, makanya waterpark masih menjadi sebutan yang langka di Palembang, hehe.

20 February 2011

TIDAK untuk ditiru!!

sebelum gw ngoceh panjang lebar di postingan gw yang satu ini, gw kasih intermezo bentar. 
Insomnia didefinisikan sebagai suatu persepsi dimana seseorang merasa tidak cukup tidur atau merasakan kualitas tidur yang buruk walaupun orang tersebut sebenarnya memiliki kesempatan tidur yang cukup, sehingga mengakibatkan perasaan yang tidak bugar sewaktu atau setelah terbangun dari tidur.
nggak tau sejak kapan gw jadi insomnia kek gini, nih mata nggak mau mejem kalo belum jam 11 malem keatas. malahan kadang tanpa sebab yang jelas sebulan sekali gw bisa nggak tidur sama sekali seharian, ckckckckckck.. ada yang bilang kalo ini karena hobby ngopi gw, tapi setelah gw melakukan eksperimen (hahahaha, bahasa gw lebay banget), sebenarnya ngopi nggak ngaruh ah. gw mo minum kopi ataupun nggak, tetep aja nggak ngaruh ma pola tidur gw. 

18 February 2011

tentang setia

ntah kenapa lirik itu menjadi sesuatu yang begitu menarik untuk aku dengar..
menjadi sesuatu yang selalu aku jadikan pengobat rindu..
berbeda cerita, tapi karena lagu itu aku jadi mengerti sisi lain dari dirinya..
berbeda asa, tapi karena lagu itu aku seakan menjadi bagian dari dirinya..


tentang kesetiaan..
nyaman sekali ketika kami melantunkan melodi itu bersama..
seakan memang ada alur yang sama antara aku dengan dia..
alur tentang sebait cinta yang masih tersisa..


nada itu cuma akan menjadi pengingat antara kami..
sebuah bukti bahwa aku pernah menaruh sedikit harap ke dia..
sebuah pengakuan yang membuatku makin memahami akan alur dari kata setia..


mungkin hanya untuk saat ini..
dan nanti ketika waktu kebersamaan ini telah berakhir..
semoga dia masih setia menemani ujung nadaku..
menyanyikan melodi itu dengan suara hati yang tak berbekas..

17 February 2011

serba serbi internet

internet itu hidup kedua saya saat ini. saat ini?? ya, saat ini. karena dulu saya memang masih acuh dengan semua yang berbau dunia maya, dan saya pun baru aktif untuk mengenal dan mendalami internet selama kurang lebih 4 tahun belakangan ini. dan setelah saat ini, saya pun tak tau apakah internet akan  tetap menjadi hidup saya yang kedua, yang pasti saat ini internet sudah lebih dari sekedar gaya hidup saya.

hal yang sangat menyenangkan dari internet adalah browsing, chatting, searching dan juga downloading. ada banyak hal yang saya temui dengan hanya duduk sendirian berhadapan dengan laptop tercinta saya, seakan saya memasuki dunia lain dari hidup saya. banyak hal baru yang bisa saya dapatkan dari internet, mulai dari teman baru, dunia baru, informasi baru, dll. 

sebut saja social networking yang saat ini sedang naik daun, Facebook. berjuta-juta manusia mempunyai akun di situs tersebut, dari anak kecil hingga kakek nenek. dan dari situs yang berlogo kan huruf f itu, semua orang bisa saling menyapa tanpa harus tahu dulu siapa sebenarnya lawan bicara mereka. yaa, inilah salah satu kemudahan dari internet. kita seolah bisa sangat dekat dengan orang yang mungkin berada di negeri ntah berantah sana, kita bisa saling menyapa baik itu lewat email, chatting maupun video call.

tak hanya itu saja, bagi anda yang sangat suka dengan shopping, anda bisa menyalurkan hobby anda tersebut di internet. tak perlu harus kepasar tradisional yang sangat panas dan sumpek, ataupun mengelilingi mall yang melelahkan. cukup dengan duduk manis di depan laptop ataupun PC anda yang terhubung ke internet, anda sudah bisa bertransaksi mencari dan membeli barang-barang kesayangan anda. seperti halnya online shop yang sudah kita ketahui bhinneka.com, sebuah toko komputer online yang menjual berbagai macam komputer, komponen komputer dan juga gadget lainnya.

internet memang menyediakan berbagai macam fasilitas dan juga kemudahan bagi penggunanya. tapi tetap saja, selalu ada dua sisi dari kehidupan. internet juga bisa menjadi tempat yang sangat asyik untuk melakukan kejahatan, contohnya carding, hacking, defacing, phising, spamming, dll. serta hal yang harus diwaspadai adalah kebebasan di internet. yaa, semua pengguna internet bebas melakukan apa saja di dalamnya. mau baik, mau jahat, semua ada jalannya.
 
tapi dewasa ini yang menjadi sedikit perhatian saya adalah anak-anak kecil yang banyak menghabiskan waktunya dengan bermain game online di warung internet. banyak sekali dampak buruk yang terjadi ketika anak-anak itu sudah kecanduan ngenet. mereka jadi malas belajar, malas untuk bersosialisasi, dan memungkinkan mereka untuk mengakses situs-situs atau informasi yang belum saatnya mereka tau. itulah sebabnya, pengawasan orang tua sangat penting. sebuah pesan sederhana untuk para orang tua, jangan pernah memberikan fasilitas yang memang belum saatnya untuk diberikan ke anak.

pesan terakhir untuk para internet mania. gunakan internet sebaik yang kalian bisa, semampu yang kalian tau. salam dunia maya.. ^_^


tulisan ini diikutsertakan dalam kontes di bhinneka.com

16 February 2011

KEBO

jangan heran atau langsung mengerutkan kening ketika membaca judul postingan saya. saya tidak akan membahas hewan kebo, tapi hanyalah sebuah gaya yang saat ini sedang saya tekuni. hehe. penasaran?? monggo langsung dibaca. 

mungkin saya hanya akan tertawa ketika mendengar ungkapan ini, "nggak bisa tidur nih, rame banget". hahahaha, mungkin orang-orang itu harus menjadi saya dulu, baru bisa untuk menikmati tidur di tengah bisingnya dunia. menganggap suara-suara bising itu serasa musik klasik ataupun suara pendongeng yang sedang mendongeng untuk menidurkan kita.

saat ini saya tinggal dengan sebuah keluarga yang semua anaknya berjenis kelamin laki-laki, dan usaha yang mereka rintis adalah rental PS dan WARNET. terbayang dong kalo rumah ini tak pernah sepi dari keramaian, setidaknya tak pernah sepi dari suara-suara game ataupun teriakan usernya. semuanya beroperasi 24 jam dan hampir tak pernah libur. dulu kamar saya bersebelahan dengan rental PS, dan bukan rental PS namanya kalo tak ada suara bising. tapi alhamdulillah saat ini sudah lebih baik, rental PS pindah tempat dengan warnet, jadi kamar saya bersebalahan dengan warnet. sama saja sih, tapi setidaknya kalo usernya perempuan (yang tak hobby game online), suara yang terdengar hanyalah suara mp3 dari PC operator warnetnya. bukan hanya itu saja, rumah ini mempunyai 4 fungsi sekaligus, sebagai rental PS, warnet, warung, dan juga tempat base camp para pemuda-pemuda disini (nah lo).

pemuda-pemuda di daerah sini, hampir tiap hari nongkrong di teras rumah ini yang berhadapan langsung dengan jendela kamar saya. kalo mereka lagi waras, mereka akan ngobrol dengan suara pelan atau hanya akan berkaraoke dengan lagu-lagu pop. tapi seringnya, mereka akan ngobrol sambil tertawa lebar, dan parahnya akan ditemani musik remix. dan semua itu terjadi di setiap waktu, baik itu pagi, siang, sore, juga malam. hahahahahahaha. besyukur juga sih dengan pola tidur saya yang dulu sering jadi bahan tertawaan temen-temen dan keluarga saya. saya termasuk orang yang tidur dengan gaya "kebo", tau dengan gaya itu?? gaya tidur pulas yang sangat susah dibangunin, tidur yang bisa di mana saja dan dalam situasi apapun. 

 
 salah satu contoh tidur dengan gaya kebo

sebenarnya banyak juga sisi negatif dari gaya tidur seperti ini, contohnya saya pernah ditinggal sendirian di rumah saya ketika ada gempa karena tidur, saya hampir ikut terbakar di rumah ini ketika saya tidur, saya sering di tinggal pergi dengan teman-teman dan keluarga saya karena tidur, dll. jangan kaget, jangan salahkan orang rumah saya yang tak mengajak saya keluar rumah ketika ada gempa ataupun hampir terjadi kebakaran, karena ketika saya tidur saya pasti mengunci pintu kamar saya. dan alhamdulillah, Allah masih melindungi saya ketika saya tengah menikmati pulasnya tidur. hehe :D

ada sisi negatif, pasti ada sisi positifnya juga kan?? buktinya saja saya, kalo saya tidak termasuk dalam kategori "kebo", mungkin selama saya menjadi mahasiswa saya tidak pernah bisa tidur. dan akan masuk rekor muri sebagai wanita yang tak pernah tidur selama 3 tahun.. hahahahahahahaha..

so, untuk sobat blogger yang saat ini mempunyai gaya tidur yang sama dengan saya. tak usah khawatir, pasti akan ada hikmah tersendiri dengan sifat bawaan lahir kita itu. manusia tidak ada yang sempurna to?? jadi, ketika orang lain menganggap bahwa hal unik yang kamu punya sebagai sebuah kekurangan, jangan berkecil hati. dinikmati saja, karena Allah pasti sudah mempunyai rencana indah atas ketidaksempurnaan kita.. 

*91'91*

15 February 2011

musim hujan atau musim kemarau??


pertanyaan itu yang sering muncul di pikiran saya akhir-akhir ini. bagaimana tidak, alam pun mungkin saat ini sedang bingung, yang sedang menguasainya musim hujan ataukah musim kemarau. dari pagi hingga sore cuaca sangat panas, dan ketika matahari akan terbenam tiba-tiba hujan datang dengan sangat deras. esoknya pun begitu, kadang matahari menyombongkan diri, kadang hujan yang menguasai bumi. 

mungkin teori yang pernah saya pelajari dalam mata pelajaran Geografi yang menjelaskan bahwa musim hujan terjadi pada bulan Desember hingga Maret dan musim kemarau terjadi pada bulan Mei hingga Agustus, sudah tidak berlaku lagi. saat ini saja (bulan Februari) yang seharusnya masih termasuk dalam kategori musim hujan, sudah tidak ada lagi tanda-tanda hujan akan turun. setiap hari yang saya rasakan hanyalah hawa panas dari kota Palembang, sangat panas.

dampak dari global warming, mungkin itulah jawaban yang banyak dilontarkan oleh sebagian masyarakat. yaa, global warming atau yang sering disebut sebagai pemanasan global, sedang menjadi trend topic yang hangat dibicarakan. dan salah satu dampak dari global warming yang sangat terasa adalah perubahan iklim yang sangat ekstrim. maka dari itu, saat ini semua lapisan masyarakat sedang beramai-ramai melakukan aksi anti global warming. sebut saja slogan-slogan yang sering kita dengar atau kita lihat dijalan "Go Green" or "Go Blue", dll. jadi ya wajar saja kalo saat ini hujan kalah dengan matahari, wong namanya aja pemanasan global, jadi yang panas lebih unggul daripada yang dingin. hehe..

sobat blogger, mungkin kalian juga merasakan hal yang sama denganku. kangen dengan musim-musim teratur kita dulu, dimana saat musim hujan tiba, tak ada hawa panas yang begitu menyiksa. tapi sekarang?? ketika di kota A sedang musim hujan, di saat yang sama kota B sedang merasakan musim panas. musim panas?? oiya, mungkin untuk saat ini istilah musim kemarau sudah hampir hilang, karena kebanyakan masyarakat terutama saya lebih suka menyebut musim panas daripada musim kemarau. ahh, sudahlah, kita coba saja untuk menikmati keadaan yang ada, menikmati semua dampak buruk yang terjadi di bumi hijau kita saat ini.

menikmati banjir yang datang

menikmati sampah berserakan

bercanda kok!! kita jangan menikmati kejadian-kejadian buruk itu, tapi teruslah berusaha untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang. jangan pernah bilang "selesai" untuk kembali menghijaukan bumi kita, jangan pernah bilang "cukup" untuk terus berdamai dengan alam. selamatkan bumi kita, sudah cukup banyak kejadian alam yang seharusnya membuat kita sadar bahwa alam juga butuh perhatian dari kita. lakukan lah hal yang bisa kita lakukan untuk ikut berpartisipasi, jangan cuma berpartisipasi lewat kampanye karena yang dibutuhkan saat ini adalah bukti bukan janji (seperti mo kampanye capres aja). hehe

1. mulailah untuk tidak buang sampah sembarangan
2. jalan kaki sehat lo, jadi kalo cuma mo ke warung, ke rumah tetangga, atau ke tempat-tempat yang bisa di jangkau tanpa harus menggunakan mesin, lebih baik mulai belajar untuk jalan kaki deh atau pake sepeda aja yang sedikit lebih cepat. 
3. terus lakukan penghijauan, terutama bagi yang perempuan nih ayoo keluarin jiwa cinta bunga kalian.. hehe
4. matikan lampu saat tidur. simple banget kan??

sesuai dengan 3M nya aa'Gym (Mulailah dari diri sendiri, Mulailah dari hal yang kecil, Mulailah saat ini juga) jadi segitu aja deh sarannya, soalnya kalo banyak-banyak takutnya ntar saya sendiri yang nggak bisa ngelakuinnya. 

so, ayo lakukan yang terbaik untuk bumi tercinta kita. semoga saja beberapa tahun lagi, kita masih bisa menjelaskan ke generasi penerus kita tentang musim hujan dan musim kemarau yang terjadi di Indonesia. 
gambar milik om google

13 February 2011

horeeeee, dapet AWARD..!!

speechless!! (serasa dapet award beneran nih, hehe)
nggak tau mimpi apa si ayah, tiba-tiba ayah bilang "dhe, ayah punya hadiah di rumah, dilihat yaa".. langsung aja mampir ke rumah ayah, dan WOW ternyata ayah ngasih award ke saya.. seneng, tapi bingung (sangat bingung) soalnya baru kali ini dapet award di dunia maya.. sayang banget awardnya gk bisa dipajang di kamar, jadi yowes lah saya pajang disini aja..


nah, ini intinya.. ternyata dapet award tu ribet, pake acara ada PR segala.. awalnya saya gk mau meneruskan award ini karena masih bingung dengan cara kerjanya.. tapi setelah saya semedi di tepian musi (bohong) dan tanya jawab dengan ayah tersayang, saya putuskan untuk mengerjakan PR ini.. semoga dapet nilai 91.. ^_^

1. Thank and link to the person who awarded me this award
special thanks untuk ayah saya tersayang, Lozz Akbar.. memang bukan ayah kandung saya, tapi sejak postingan saya tentang ayah khayalanku, saya dan beliau sudah mengikrarkan diri sebagi ayah dan anak.. semoga kita bisa saling membanggakan yah..

oh ya yah, dhe akan selalu berdoa semoga ayah segera bertemu dengan bunda.. biar ada yang bisa marahin ayah kalo hobby begadang ayah kumat.. hehe (peace)

2. Share 8 things about myself
hahahahahaha, ini nih yang bikin males.. soalnya kalo yang nilai diri saya adalah diri saya sendiri, pasti nggak bakal ada cacatnya.. baca sajalah, dan dilarang protes.. :P

- banyak orang yang bilang kalo saya itu maniez, itulah kenapa saya lebih suka dibilang maniez daripada cantik.. jadi bagi dulur-dulur blogger yang ingin memuji saya, cukup dengan kata "maniez" saja, itu sudah bisa membuat saya sedikit tersenyum.. :)
- saya suka alam, karena alam membuat saya menjadi lebih hidup dan lebih bersahabat.. 
- saya penikmat kopi..
- saya suka motor.. hal tergokil yang pernah saya lakuin adalah balapan motor dengan mantan saya di malam hari, hahahahahahaha..
- baru no 5, ckckckckck.. apa lagi yaa?? saya anak kedua dari empat bersaudara..
- saya mempunyai lebih banyak teman laki-laki daripada teman perempuan..
- saat ini, saya sangat merindukan Jogja..
- dan yang terakhir, saya sedang berusaha untuk selalu berpikir positif (ternyata susah banget gan)..

3. Pay it forward to 8 bloggers that I have recently discovered
sebelum dimulai, MAAF untuk semua dulur-dulur blogger yang lain yang tak dapet award dari saya.. ai loph yu dah pokoknya.. peace!!

- Fadhli Amir --) teruslah berkarya brother, dhe menunggu karya indahmu yang lain..
- Setyo Only --) thx untuk semua supportnya Yo..
- Bonit Notz --) teteh gaul yang dhe punya, hahahaha.. I luv U, bibeh.. ;-*
- Zico --) udah dapet award dari ayah juga kan?? ayoo, kerjain PR nya..
- Riksa --) biar semangat ng'blog nya gk ilang sista..
- Auraman --) nambahin kerjaan oom ahhh.. xixixixixixi
- Dimas --) kisah-kisah cintanya jangan dibiarin nganggur lama dong.. semangat!!

4. Contact those Blogger and tell them about their awards
selamat menikmati hidangan makan malam ini yaaa.. dan tentunya buat yang kebagian awardnya, jangan lupa PR nya dikerjain.. MERDEKA.. !!

pangeran kecilku..


aku suka melihatmu..
bahkan akupun rela untuk terus menatapmu..
merasakan sedikit damai yang kau bagi..
melihat teduh wajah polosmu tanpa setitik dosa pun..

aahh sayank..
kau tak akan pernah tahu betapa aku sangat merindukanmu tidurmu..
merindukan bibir mungilmu yang tiba-tiba tersenyum..
merindukan ketenangan luar biasa saat aku menatapmu..

malaikat kecilku..
apa yang sedang kau lakukan sekarang??
sedang tidur kah?? sedang menangis kah?? atau sedang tertawa??

satu minggu, dan itu adalah waktu yang cukup lama bagiku..
satu minggu sudah aku tak mendengar tangis juga tawamu..
satu minggu sudah aku tak melihatmu..
tak melihat perkembanganmu, juga tak melihat tidurmu..

abil ku..
bagai cahaya yang tiba-tiba memberi terang dalam gelap..
kau sangat istimewa untukku..
sangat berharga, sangat berarti..

ntah, aku pun sangat sulit merangakai kata ini tersusun indah..
tapi kau pasti tahu bahwa kau jauh lebih indah dari tulisan ini..
aku mencintaimu..

12 February 2011

untukmu sahabatku


ada yang bilang kalo sahabat itu adalah mutiara yang sangat berharga.. percaya atau tidak, tapi aku pun akan mengangguk ketika ada yang bilang seperti itu.. sahabat itu bahkan kadang lebih indah dan berharga dari mutiara..

pada dasarnya aku tak begitu suka memuja persahabatan, karena aku sudah tau bagaimana manis dan pahitnya dari sebuah hubungan yang bertitle "SAHABAT".. tau bagaimana sakitnya ketika sahabat yang dulu sangat kita puji tiba-tiba berbalik menikam kita dari belakang, tau bagaimana jengkelnya ketika mereka hanya butuh bahuku saat mereka tak bisa mendapatkan bahu selain aku, tau bagaimana sedihnya saat sahabat terdekat harus pergi untuk selama-lamanya.. sedikit pembelajaran tentang persahabatan, tapi karena itu juga akhirnya aku tak ingin terlalu bergantung dengan sahabat..

terkecuali untuk dia, untuk sahabat terbaikku yang sangat bisa membuatku untuk terus memuji dan mengingatnya sebagai mutiara terindah yang pernah aku punya.. sosok perempuan terbaik yang aku kenal di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs), perempuan yang selalu mengajakku untuk terus berusaha menjadi sosok sahabat terbaik.. perempuan yang mengajariku untuk berani menitikkan air mata, perempuan yang selalu sabar kala menghadapi egoku yang jarang stabil, perempuan yang sangat bisa mengerti aku saat orang lain tak ada yang bisa mengerti aku.. perempuan itu, Wiwit Tresnani.. dan saat ini, bukan hanya senyum yang muncul saat aku tengah memuji sahabatku, tapi juga sedikit mata yang berkaca-kaca, dan sedikit rindu yang tak akan pernah bisa tersibak.. rindu akan sosok sahabat perempuan seperti dia..

3 tahun lebih.. sejak Tuhan memberikan titik di perjalanan duniamu, sejak saat itu juga aku masih menjaga tempatmu di hatiku.. dan sejak 3 tahun berlalu itu, kau pun hanya 1 kali datang ke mimpiku.. aku merindukanmu, sangat merindukanmu.. merindukan semua yang pernah kau bagi ke aku, merindukanmu yang cengeng, merindukanmu yang penakut, merindukanmu yang pemalu, merindukan semua sisi wanita yang kau punya.. oiya, maaf jika aku menuliskanmu disini, karena kau adalah salah satu hal terpenting dalam sejarah perjalanan panjangku, jadi akupun harus mengabadikan sedikit tentangmu disini.. 

ku pikir dulu kita sama, kau selalu terlihat pucat dan lemas hanya karena kita termasuk kategori orang-orang yang kekurangan darah.. tapi makin lama dugaanku memudar, karena tiba-tiba kau menjadikan pingsan sebagai hobbymu.. sedikitpun tak pernah terbayang kalau kau mengidap penyakit yang seganas itu, LEUKIMIA.. dan kau pun selamanya tak pernah tahu tentang penyakit yang kau derita, semoga kau tenang disana sayang.. saat terakhir aku menjengukmu di RS, sekitar pukul 16:00 WIB, saat itu ibumu bilang kalau esok harinya kau sudah boleh pulang.. kau cerita kalo tetanggamu di RS saat itu ada yang baru meninggal, dan kau pun menceritakan ketakutanmu padaku tentang kematian.. sore itu kau terlihat sangat cantik, kau memakai kaos berwarna pink kesayanganmu.. yaah, kau sangat cantik meskipun saat itu kau sangat sangat pucat, bahkan tanganmu pun tak pernah sedingin itu sebelumnya.. dan sesaat sebelum aku pulang, kau bilang bahwa kau ingin segera sekolah lagi.. sekolah?? jangan khawatir Wit, meskipun ragamu tak kembali ke sekolah itu, tapi sekolah itu akan terus mengenangmu..

jam 4 pagi, aku terbangun oleh suara hp ku yang terus saja berbunyi.. "Dek, Wiwit meninggal", cuma sebaris kalimat itu yang terus terngiang di telingaku sampai saat ini.. semua bener-bener terasa hancur, aku pun tak tau betapa sakitnya aku saat itu.. bagai mimpi, tapi saat aku menyadari bahwa air mataku tak bisa untuk berhenti saat itu juga aku sadar bahwa aku tak sedang bermimpi.. kemaren sore kau masih bisa berbagi cerita, tapi pagi itu aku hanya melihatmu tidur.. wajahmu sangat tenang, sangat damai, bahkan kau pun sedikit tersenyum.. semoga penyakitmu telah menggugurkan semua dosamu sayang.. ahh, terbayang kejadian saat itu.. ibumu sangat kehilangan, adik2mu pun tak henti menitikkan air matanya.. kau terlalu baik untuk pergi secepat itu Wit, tapi mungkin takdirmu lebih baik daripada kau harus tersiksa atas penyakit yang kau derita..

persahabatan kita tak pernah berakhir Wit, bahkan akupun masih sering mengunjungi keluargamu.. kau tau, ibumu selalu memelukku saat aku main ke rumahmu, sebuah tanda kerinduannya padamu.. adik-adik mu sekarang sudah remaja, dan sekarang, harusnya kau bisa mendengar ponakanmu memanggilmu dengan sebutan tante.. mereka akan selalu mengirimkan doa terbaiknya untukmu.. 

Wit, sampai saat ini aku masih tak sanggup untuk mengunjungi rumahmu, sampai saat ini aku masih tak ingin melihat sebuah pusara yang bertuliskan namamu.. sorry, tapi aku benar-benar belum siap.. mungkin nanti, saat aku sudah mendapatkan sahabat terbaik yang melebihi dirimu, sahabat yang akan siap menjadi teman hidupku, saat itu aku akan mengajaknya untuk mengenalmu.. aku mencintaimu..

10 February 2011

rumahku surgaku

rumahkoe tempo doeloe

rumahku surgaku..!!
bener banget kalimat itu, karena tidak ada tempat yang nyaman selain di rumah sendiri dan berkumpul dengan orang-orang yang mengasihi dan menyayangi kita.. seperti dulu halnya ketika aku dan keluargaku belum pindah rumah.. rumahku dulu sangat indah, sangat nyaman, sangat mewah menurutku.. meskipun pada dasarnya rumahku sangat kecil, tapi aku bahagia berada di dalamnya dan di lingkungannya.. terbayangkan dulu ketika teman-temanku dan teman-teman abahku kumpul, hahahahahaha, berebut tempat dan pastinya me and friends yang harus ngalah.. banyak cerita yang sudah terukir di tiap pahatan dinding rumah tuaku, rumah yang sudah menemani perjalanan panjang keluargaku selama 18 tahun.. 

bahagia saat aku mengetahui bahwa orang tuaku tengah menyiapkan rumah yang sedikit lebih besar dari rumah ku dulu, tapi tetap saja rasa bahagia itu terkalahkan oleh kesedihan yang ada.. dan ketika pertama kali aku menginjakkan kaki di rumah baruku, semua terasa aneh, asing.. rumah ini tak bersahabat menurutku saat itu, terlalu mewah dibandingkan rumah mungilku dulu.. dan yang sangat menyedihkan, dulu saat aku membuka pintu rumahku, aku bisa bertegur sapa dengan tetangga-tetanggaku, tapi sekarang, semua rumah disini dibatasi oleh pagar-pagar besi semua.. menyebalkan!!

tapi kemudian, aku pun setuju dengan pepatah "ala biasa karena biasa".. setelah hampir 2 bulan mulai mengukir cerita baru, akhirnya aku bisa bersahabat dengan surga baruku.. yaaahh, meskipun disini aku tak begitu bisa bersosialisasi, tapi ada 1 kelebihan dari rumahku.. surgaku sekarang berhadapan dengan masjid anggun, dan ternyata aku baru tau kalo memang ini adalah salah satu impian orang tuaku.. saat aku membuka pintu, terlihat rumah Tuhanku sedang tersenyum seakan mengajakku untuk berkunjung ke dalamnya, dan bersama-sama memuja, memuji, menyembah Allah.. itu yang selalu aku rindukan kala ragaku tak ada di surgaku, rindu saat berjama'ah dengan hamba Allah yang lain di masjid itu..

dan saat ini akupun tengah beradaptasi dengan rumah baruku.. bukan blackbox lagi, tapi agak sedikit lebih berwarna.. kenapa ada salju?? hmm, supaya terlihat adem saja, karena Palembang sangat panas.. hehe.. dan juga supaya dulur-dulur blogger tak bosan kala mengunjungi rumahku.. 

SELAMAT DATANG DI SURGA BARUKU.. ^_^

09 February 2011

curhat untuk ibu

ada yang membisikkan satu nama yang sama ke telingaku, "IBU".. dan ntah kenapa tiba-tiba aku sangat merindukanmu, merindukan betapa indahnya menatap wajahmu saat tidur.. merindukan saat kau dengan sayang tak terhingga merawat Abil kecil kita, saat itu aku membayangkan betapa susahnya dulu kau merawatku..maaf kalo saat ini aku masih sangat menyusahkanmu..

aku ingat saat terakhir aku akan pergi, aku sudah membuatmu kesal.. aku minta maaf, tapi ntah kenapa aku suka melihat wajah gemasmu saat lagi marah.. tak pernah terbesit sekalipun kalo aku tak akan pernah bisa membuatmu kesal lagi.. aku mencintaimu, sungguh..

kau selalu memperlihatkan wajah khawatirmu kala aku jalan dengan sahabat-sahabatku, kau ingat pertanyaan terakhir yang kau lontarkan "sebanyak temenmu tadi, cuma kamu sendiri yang perempuan??", dan aku menjawab dengan tegas "iya".. bukan salahku kalo memang aku tak mempunyai cukup banyak teman yang berjenis kelamin sama denganku, karena memang dari dulu hidupku selalu dikelilingi oleh laki-laki.. lihat saja rumah kita, teman-teman abah selalu datang memerikan tawa dan kebersamaan.. dan sahabat pertamaku juga seorang laki-laki, yang ntah dimana dia sekarang.. kau ingat bu, sejak TK pun mungkin hanya bisa kau hitung dengan jari teman-teman perempuanku yang datang ke rumah.. jangan pernah khawatir, mereka semua adalah orang-orang terbaik yang aku punya.. mereka lebih dari sekedar sahabat, mereka adalah saudara juga kakak buatku.. 

ibu sendiri pernah bilang kalo aku wajar tumbuh dengan gaya yang tidak terlalu feminim, karena sejak kecil abahpun secara tak langsung sudah mendidik ku dengan sedikit cara mendidik untuk anak laki-laki.. aku tak pernah berontak kok, karena aku memaklumi mungkin karena dulu kalian sangat mengharapkan anak laki-laki.. jadi sangat wajar kan kalo aku merasa lebih nyaman untuk bersama dengan sahabat-sahabat laki-lakiku?? aku bisa dengan sangat menjadi AKU, mereka tak pernah usil dengan penampilanku, mereka bisa dengan sangat menerima aku, dan yang pasti mereka sangat menghormati aku.. mereka masih tau batasan kok bu, mereka masih sadar kalo aku ini tidak sepenuhnya sama seperti mereka.. itulah kenapa aku serasa bagai dewi kala di dekat mereka, karena aku yang paling cantik.. hehe..

bu, sekarang kau sudah banyak berbicara tentang pasangan.. aku tau, kau bilang begitu karena kau sudah menganggapku dewasa, dan kau sedang mengajakku berdiskusi tentang masa depanku.. tapi kenapa harus pasangan bu?? masih banyak hal yang ingin aku bagi untuk ibu, masih banyak mimpi yang ingin aku ciptakan buat ibu, masih banyak.. aku pun masih sangat malas untuk berbicara tentang pasangan hidup, aku masih ingin berlama-lama menjadi gadis mu, menjadi gadis kecil kalian.. beri aku beberapa tahun lagi untuk tetap menjadi aku seperti sekarang.. percayalah bu, semua doa terbaikmu untukku yang akan menjadi penguatku.. kala waktunya tiba, biarkan aku sendiri yang memulai obrolan tentang ini..

07 February 2011

tetaplah disini


aku lagi tak suka melihat tawamu..
muak mendengar semua ocehanmu..
diam!! buatlah keadaan menjadi sedikit nyaman atau pergi saja..

hanya butuh kedamaian saat ini..
jujur aku tak ingin kamu pergi, tetaplah disini bersamaku..
meskipun kamu hanya diam, tetaplah disini menemaniku..
meskipun sesekali kau hanya bisa memgang tanganku, setidaknya itu sudah membuatku merasa tak sendiri..

aku ingin kamu disini..
karena mungkin aku akan membutuhkan bahumu untuk menuntaskan air mata ini..
aku berani memperlihatkan marahku padamu..
karena aku ingin kamu menahan langkahku saat emosiku tak lagi bertuan..

bertahanlah untukku saat ini..
bertahan atas ucapan yang mungkin tak kamu suka..
bertahan atas aku yang mungkin tak kamu kenal..
bertahan atas emosi yang tak terkalahkan oleh damaimu..

hanya butuh sedikit waktu..
sedikit waktu untuk berkelahi dengan sisi lainku..
sedikit waktu untuk bisa merasakan damai yang kamu bawa..
sedikit waktu untuk mempersiapkan ucapan "maaf" atas apa yang telah terjadi..

inilah aku!!
aku dengan sisi lain yang mungkin tak pernah kamu sangka..
aku tak berharap lebih atas kamu setelah ini..
aku hanya ingin kamu tetap menjadi kamu saat ini..
karena saat ini cuma kamu yang bisa memberikan damai untukku..

dan ketika nanti kamu berubah pikiran atas aku yang kamu kenal..
aku tak akan menghalangi kamu untuk sedikit berlalu dari aku..
tapi ketika kamu bisa menerima semua sisi yang telah kamu tahu..
biarkan aku memeluk kamu sebagai tanda terima kasihku..


*untuk semua sahabat terbaik yang aku punya, terimakasih karena KAMU tetap bertahan.. aku menyayangi KAMU, semuanya.. :)

02 February 2011

suara itu kembali


aku mendengar suara itu lagi..
suara lembut yang begitu sangat aku rindu..
suara yang selalu membuatku merasa nyaman..
suara yang dengan kedewasaanya mampu membiusku untuk sedikit memujanya..

ini indah, sangat indah..
sebuah kado kecil yang Kau beri di awal februariku..
mungkin Kau inginkan aku untuk mencintai bulan ini..
hingga Kau memberikan surprise yang membuatku makin mencintaiMu..

Kau tau apa yang aku rasa..
rasa yang hanya Kau dan aku yang tau kala aku menikmati suara lembut laki-laki itu..
rasa yang luar biasa saat aku bisa berbagi tawa dan cerita dengan dia..
rasa yang membuatku makin mengaguminya atas ciptaan luar biasa yang Kau hadiahkan untukku..

memang hanya suara..
tapi Kau terlalu indah membuat skenario hingga suara itu menjadi sangat berarti untukku..
suara yang menjadi awal cerita antara aku dan pemilik suara teduh itu..
suara yang memberikan warna baru akan banyaknya melodi yang terngiang di telingaku..
suara yang membuatku makin belajar atas proses hidup yang tak sesuai dengan kenyataan..

aku sangat merindukan suara itu..
jangan cuma malam ini, aku mohon!!
izinkan aku untuk terus mendengar suara itu di sepanjang perjalanan panjangku..

01 February 2011

dejavu


rasa yang aneh..
sebuah dejavu yang membuatku tak pernah bisa melupakan sosok dia dari hidupku..

melodi, airmata, hujan, tawa..
semua hal yang pernah dia bagi di perjalanan bodoh ini..
dan ketika sekarang dia tak bisa membagi itu semua..
kenapa harus ada bayangan dia yang memberikan semua itu??

bodoh!!
mungkin otakku sudah terprogram untuk terus menyimpan semua tentang dia..
bahkan untuk menggesernya dari deretan daftar orang penting dihidupku, aku tak bisa..
ada sisi yang belum terganti..
tapi bagaimana sisi itu bisa terganti kalo semua yang baru terasa bagai dejavu atas sosoknya??

bodoh (lagi)!!
bodoh atas tulisan ini yang selalu menjelaskan tentang dia..
untuk aku yang tak bisa membuat dia menjadi biasa..

sengaja kubikin kata ini terlihat tak bermakna..
agar dia tahu bahwa sisi terdalamku sudah behenti memujanya..
meskipun akan ada seulas senyum dibibirnya, biarlah dan kemudian aku akan menganggap itu sebagai senyum terakhir darinya..

(sekali lagi) bodoh!!
karena dia hanya bisa menggapai bagian penting dari hatiku..
karena bersama tak selalu beralaskan cinta..
karena cinta harus bersatu dengan logika untuk menjadi SATU..
dan karena dia terlambat menyadari hal itu..

30 January 2011

untukMu.. untuknya..


aku tak pandai mengungkapkan sebuah rasa yang membuatku kaku untuk menuliskannya..
tapi kali ini, kucoba semampuku untuk bisa membikin sajak murahan atas rasa yang membuat diri ini serasa berada di ujung surga..

ntah bagaimana awalnya..
tapi sejak telinga ini mendengar suara yang membuat pikiranku kacau..
melihat tatapan yang membuat hatiku berlaju cepat..
melihat senyum yang membuatku tak mampu untuk berpikir selain dia..
merasakan kehadirannya yang membuat fungsi logika ku seakan mati..
sejak saat itu aku merasa bagai wanita yang selalu bahagia..

sayang?? cinta??
apapun itu namanya..
tapi kau bagai raja untukku saat ini..
raja atas hati yang sudah mengukir namamu dengan sangat kuat..
raja atas jiwa yang membuatku mampu memikirkan manusia dengan sangat gila..

bibirku seakan tak mau melepaskan senyum yang selalu tersungging di bibir mungilku..
bayangan dia yang selalu menghantui mata dan otakku, yang membuat aku makin lemah atas rasa yang sedang aku rasa,, 
jantungku pun bagai roda yang berputar dengan cepat, hingga aku pun tak bisa mengendalikan detakan jantung yang berbunyi sangat keras saat aku di dekatnya..

Tuhan!!
indah sekali Kau ciptakan rasa ini..
mata, pikiran, hati, dan semua ornamen di tubuh ini memuja ciptaanMu dengan sangat maniez..
dia sempurna untukku..
sosok yang selalu kubayangkan di mimpiku kini Kau hadirkan tepat dihadapanku..

aku mencintaiMu Tuhan..
biarkan aku mewakili cinta ini hanya untukMu..
memberikan semua cinta yang sedang aku rasa kepadaMu sampai batas waktu yang telah Kau janjikan..
aku tak ingin cinta ini berlalu tanpa ridho dariMu..
karena aku hanya ingin terus mencintaiNya karenaMu..

andai waktu yang Kau janjikan sudah tiba..
aku mohon jangan cemburu atas sedikit cinta yang aku bagi untuknya..
aku mencintainya bukan karena aku ingin menduakanMu..
aku mencintainya sebagai bukti karena aku sangat mencintaiMu.

aku bahagia.. ^_^
jaga hati ini agar selalu untukMu dan untuknya..

28 January 2011

biarkan aku sendiri dulu


aku tau ini bukan aku..
aku tau kalo kau juga tak suka dengan aku yang sekarang..

maaf..
tapi biarlah untuk beberapa saat aku bermain dengan aku yang sekarang
biarkan aku menjalani proses untuk mengenali diriku..

tetaplah disitu kawan..
aku mohon, jangan pernah bergerak sedikitpun..
biarkan kau yang menjadi wasit atas aku yang sekarang..

tetap disitu..
di garis batas yang sudah kau pijak..
jangan mundur, karena itu akan membuat aku semakin jauh dari kau dan duniaku..
juga jangan maju, karena aku tak akan pernah bisa bijak dan dewasa jika aku tak pernah mencoba untuk sendiri..

aku akan berusaha untuk melewati proses ini..
demi rindu, demi sayang, demi hubungan yang sudah kita ciptakan..
aku akan kembali..

27 January 2011

dilema


masih sama seperti kemarin..
sebuah rasa membuatku tak bisa memainkan kembali inspirasiku..

rasa yang membuatku harus menghabiskan sedikit banyak waktuku untuk mencoba berdamai dengan kenyataan..
tetap saja sulit!!
bergulat diantara 2 pilihan yang sama-sama tak bisa aku pilih..

dilema..
sebuah kegalauan yang ternyata sangat mengganggu..
ketika hati dan logika dipaksa untuk bersatu demi satu tujuan..
dan ketika hati enggan untuk bersatu dengan logika, emosi yang menjadi korban dari tragedi ini..

aaaaaaaaaaarrrrrrrggghhh!!!
untuk kesekian kalinya aku menahan teriakku lewat sebaris huruf klasik itu..
tak peduli apa yang akan terjadi pada huruf-huruf itu..
tapi sebelum huruf-huruf itu menyerangku, biarlah aku yang memaksa mereka untuk menuntaskan sedikit emosiku..

padahal hanya dilema..
tapi efeknya bagai terkena sengatan listrik yang terus terasa..
bukan hanya emosi, banyak hal yang akhirnya harus ikut menjadi korban atas sebuah dilema yang ntah kapan berakhir..
dilema yang membuatku ingin menimpuk semua yang ada di depan mata..
serasa ingin menerkam semua yang membuat keningku makin mengerut..

damn!!
sayang lidahku tak mampu mengeluarkan umpatan yang lebih hina dari ini..
dan saat ini, aku hanya bisa menutup mata..
mencoba untuk mengambil oksigen terbaik disekitarku..
dan kemudian menghembuskan semua kacau dengan damai..
berharap dilema ini segera berlalu..

25 January 2011

inspirasiku bertepi (semoga hanya malam ini)


aaaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrggggggggggghhhhhhhhh!!!!!!
serasa Tuhan sedang membuntukan otakku untuk berpikir..
semua terasa kosong, tak ada satupun alasan yang bisa kujadikan inspirasiku malam ini..

ingin teriak menumpahkan semua yang dulu sempat tersimpan, tapi lidahku tak mampu mengeluarkan sepatah katapun..
serasa kelu, semua hanya tersirat di bayang-bayang imajinasiku..

dan karena semua tak bisa aku rangkai untuk memulai aktivitasku..
kubiarkan tanganku menari dengan sendirinya di papan mungil ini..
sambil berharap supaya ditengah-tengah jari ini menulis dengan kacau, ada inspirasiku yang datang tiba-tiba..

ntah, susah untuk menjelaskan bagaimana aku saat ini..
serasa bagai orang linglung yang kehilangan semangat..
bagaikan mencari jarum ditumpukan jerami, berharap inspirasi itu muncul dari banyaknya permasalah hidup yang membuatku kehilangan inspirasiku..
semua seperti lembaran kosong, dan sesekali hanya diselingi tanda titik yang tak tau dimana komanya..

tapi ah biarlah..
biarkan ini menjadi bagian dari sejarah perjalanan panjangku..
biarkan ini menjadi saksi bahwa inspirasiku itu bertepi..

17 January 2011

tersenyumlah


ini bukan kau..
kau tak pernah selemah ini ketika kau berhadapan dengan masalah-masalahmu..
kau tak pernah setakut ini ketika kau menjalani hidupmu..

sahabatku..
sahabat?? ah terserah..
apapun aku dimatamu, tapi biarlah aku menyebutmu dengan kata "sahabat" sebagai tanda peduliku..

ini bukan kau..
kenapa kau harus menjatuhkan buliran air berharga itu??
kenapa kau harus keluarkan emosi yang masih bisa kau tahan??
kenapa kau harus menumpahkan semua umpatan yang seharusnya masih bisa kau simpan??

kau kenapa??
tiba-tiba kau datang menumpahkan semua beban yang tak pernah aku tahu..
kau keluarkan semua rasa yang tak pernah kau bagi..
kau membuatku terdiam atas semua yang kau paksa untuk aku mengerti..

ntah..
saat ini aku hanya bisa merangkai kata tanpa mampu mengucapkan apapun..
aku hanya bisa mencoba untuk memahamimu..
memahami semua hal yang mungkin tak sengaja ingin kau bagi denganku..

aku tak tau siapa kau..
tapi aku mampu untuk bilang kalo ini bukan kau..
karena aku percaya, siapapun kau, apapun kau, kau pasti bisa melakukan yang lebih baik dari saat ini..
kau pasti mampu untuk bertahan diatas semua kekuranganmu..
karena Tuhan menciptakanmu dengan banyak keajaiban yang tak kau sadari..

tersenyumlah..
untuk semua yang pernah membuatmu tersenyum..



*gambarnya agak maksa, maklumin aja yaaa.. hehe.. 

16 January 2011

hanya untuk laki-laki


aku rangkaikan kata-kata ini untukmu..
untuk sosok yang baru bisa aku kenali lewat beberapa sisi..
sosok yang setengah dari diri mereka sudah bisa aku rangkai..

laki-laki..
entah kenapa saat ini aku ingin menuliskan tentangmu..
tentang semua sifat dan sikap yang aku tau..
tentang rasa dan asa yang aku raba..

aku percaya kalau kau adalah sosok terindah untukku..
sosok yang bisa membuatku menjadi lebih sempurna sebagai perempuan..
sosok yang membuatku menjadi lebih berani, lebih dewasa, lebih mempunyai banyak warna..

firah Tuhan kalau kau diciptakan berbeda dariku..
kau lebih egois, lebih emosional, lebih berantakan, bahkan kadang lebih penakut dariku..
tapi tak hanya itu, kau bisa membuatku lebih merasakan indahnya menjadi perempuan..
kau bisa memberikan kekuatan ketika aku lemah, memberikan aku harapan ketika aku putus asa, memberikan aku bahagia ketika aku tak bisa menyeka air mata, dan kau bisa memberikan aku kedamaian di tengah kegalauanku..

laki-laki..
aku menghormatimu karena kau sama sepertiku..
kau tak akan bisa menjadi sempurna tanpa aku..
aku pun menghargaimu sebagai pemimpinku..
karena bagaimanapun aku tak akan pernah bisa menyamai kedudukanmu..

untuk semua inspirasi atas sosokmu..
jangan larang aku untuk bilang terimakasih..
terimakasih telah bersedia menjadi salah satu inspirasi tak bertepiku..

15 January 2011

tentang kamu di imajinasiku


aku memimpikanmu datang beberapa malam ini..
datang membawa banyak hal baru yang indah untuk kita bina bersama..
membawa asa yang kamu bagi untuk kita bangun bersama..

kamu datang tepat seperti harapanku..
laki-laki yang berusaha untuk terus mencintaiku karena Dia..
laki-laki yang terus berusaha untuk menjadi imam terbaik untukku..
laki-laki yang dengan tulusnya trus menjagaku, berusaha untuk memberikan yang terbaik untukku..

aku mencintaimu..
kalimat sederhana yang sangat ingin kudengar dari bibirmu..
dan demi mendengar kalimat itu, aku berusaha untuk terus menjaga hatiku..
menjaga semua sayang yang aku punya untuk tidak keluar dengan percuma..

imamku..
aku memang tak pernah tahu siapa kamu..
tapi biarkan aku mengukir sketsamu semampuku..
aku akan mencoba untuk terus mengenalmu lewat shalatku..

hanya coretan sederhana..
meskipun aku tak pantas untuk menulis ini sekarang..
tapi biarlah aku mengungkapkan apa yang ingin aku ungkapkan tentang kamu..
dan ketika tulang rusukku telah menemukan tuannya, biarkan ini hanya menjadi sebuah catatan..
mungkin aku akan tertawa karena aku terlalu sederhana menggambarkan tentangmu ditulisan ini..

14 January 2011

setsot membawa bahagia


Disudut kampus salah satu universitas di Sumatera. Terlihat beberapa mahasiswa sedang asyik duduk santai di kantin yang sudah tak ada lagi penghuninya, wajar saja karena saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. ada yang tak biasa dari mahasiswa-mahasiswa itu, tak ada buku ataupun benda penunjang status mereka sebagai mahasiswa, yang ada di tangan mereka adalah kartu-kartu remi yang harusnya tak mereka mainkan. Sebut saja mahasiswa-mahasiswa itu adalah Ica, Susan, Gatra, Iqbal dan Jery, mereka terlihat sangat asyik dan bersemangat ketika memainkan kartu-kartu itu. Dengan sangat lincah mereka memainkan kartu 2 raban tersebut, dan permainan yang menjadi favorite mereka adalah setsot. Itu adalah salah satu cara bermain remi, urutannya dimulai dari 3,4,5,6,7,8,9,10,jack,queen,king,as,2, dan yang tertinggi adalah joker.


"hahahaha, gila bener. gk terasa kita udah main 2 jam" celetuk Ica di tengah permainan heboh mereka.
"kalo perlu kita main sampe malem, biar pikiran kita gk stress habis ujian tadi" balas Gatra.
"ayo, siapa takut" balas mereka semua berbarengan.

Yaaah, main kartu adalah salah satu sarana refreshing terbaik saat ini menurut mereka, hanya karena satu hal, MURAH. Hahahaha. Dan di salah satu ronde yang sedang mereka mainkan Susan bergumam dalam hati sambil melihat ke kartu-kartu yang ada di tangannya "waah, kartu gw tinggal 2 lagi nih, joker hitam sama angka 5".

Setelah Susan bergumam seperti itu, kartu terakhir dari Ica adalah angka 2.
"ayo, keluarkan joker kalian" kata Ica menantang.

Susan lalu menghitung kartu-kartu apa saja yang sudah keluar, terlihat angka 3,5,6,7,9.10,As,King, dll.
"udah San, semua kartu udah keluar kok, gk bakal ada bom lagi" kata Jery yang tau kalo Susan sedang mencari tau masih ada bom atau tidak.
"cepet, ada yang mo ngeluarkan joker gk??" tanya Iqbal.

Susan sempat ragu, karena dia tidak tau pasti apakah masih ada bom atau tidak. Tapi dia lihat kartu yang ada di tangannya, tinggal 2 lagi, kalo dia menang berarti dia bakal bikin rekor malem ini karena sudah menang 5 kali berturut-turut. Susan lalu melihat ke arah teman-temannya, lalu melihat tumpukan kartu yang ada di meja. Dilihatnya lagi kartu-kartu yang ada di tangan teman-temannya, semua kartu diteman-temannya masih lumayan banyak, sekitar 5 sampe 10 kartu. ingin dia ngeluarkan jokernya, tapi dia tahan karena dia ragu.


"udah San, keluarkan saja joker yang kamu punya. biar nanti waris ke aku" ujar Ica memberi semangat.
"ahh, lama Susan mikirnya. yaudah, kamu jalan lagi aja Ca" kata Gatra yang ikut memanas-manasi suasana.

Susan terbawa suasana, dan akhirnya dengan kebimbangan dia mengeluarkan joker yang daritadi dia simpan.
"beew, akhirnya keluar juga jokernya" teriak teman-temannya.

Sekian detik Susan tegang, tapi akhirnya dia senyum karena sepertinya gk bakal ada bom yang keluar. Tapi dugaannya ternyata salah, tiba-tiba Gatra mengeluarkan bom dengan angka 4.
"BOM" jerit Gatra sambil menaruh kartunya ke atas joker Susan.
"hahahahahahahahahahahhahaha" spontan seluruh anak-anak disitu ketawa.
"terhina banget lu San, kena bom angka 4" kata Iqbal menimpali.

Semua anak disitu pada ketawa sambil mengeluarkan joke-joke yang tak enak didengar telinga Susan. Susan terdiam, dan akhirnya mengocok kartu-kartu yang lumayan banyak itu sambil manyun.
"huuuhh, awas lu ya Gat, bakal gw bales bom 4 lu" kata Susan ke arah Gatra.

Gatra yang mendengar ancaman Susan hanya membalas dengan tertawa lebar.

Dua hari kemudian..
Mereka main remi lagi di tempat biasa sehabis pulang kuliah.
"awas ya Gat, tunggu aja pembalasan dari gw" kata Susan sebelum mereka mulai bermain.
"ok, siapa takut. hahahahaha" bales Gatra sambil tertawa.

Setelah ronde pertama selesai, Iqbal mencetuskan ide untuk membikin permainan kartu mereka semakin asyik.
"kita taruhan aja yuk, gimana??" tanya Iqbal.
"gk, gw gk setuju. gw gk mo main judi" jawab Ica dengan cepat.
"iya, lu gila kali ya Bal. kita ini main remi karena lagi bokek, kalo kalian mo tetep taruhan, gw gk ikutan ah" Jery menimpali balasan ica.

Iqbal lalu melihat ke arah Gatra dan Susan, kedua mahasiswa itu dengan kompak menggelengkan kepala.
"iya iya, maaf kan gw cuma tanya doang. yaudah, yuk di lanjutkan" kata Iqbal sedikit menyesal dengan pertanyaan yang sudah dia lontarkan.

Permainan pun berlanjut kembali dan Susan tetap berharap dia bisa mendapatkan bom pada permainan hari itu. Doa dia terkabul, di ujung permainan mereka sore itu, dia mendapatkan bom angka 8. Kartu yang dia punya juga cukup bagus, bisa untuk main 1 kartu, 2 kartu, setsot dan juga sun. Dia berpikir kalo dia cukup beruntung sore itu.

Setelah main setsot dan juga sun, Iqbal mulai main 1 kartu.
"kesempatan bagus, ini saatnya memancing mereka yang punya joker" kata Susan dalam hati.
gayung pun bersambut, angka 2 keluar dari Jery, dan Gatra dengan rasa ragu dan tanpa dosa mengeluarkan joker merah yang dia punya.

Dengan santai sambil sedikit sombong, Susan mengeluarkan bom angka 8 yang sudah dia simpan daritadi.
"bom" jerit Iqbal sambil menunjuk ke arah  4 buah kartu angka 8 yang barusan Susan turunkan.
"waaah, beneran dendam Susan ma lu Gat" kata Ica sambil tertawa.

 tapi si Gatra tetap dengan gaya santainya, dia melihat ke arah Susan. Susan yang dilihatnya pun memberikan senyum puas ke arah Gatra, dan tiba-tiba Gatra mengeluarkan bom as di atas bom Susan tadi.
"hahahahhahahahahahahahahaha" tawa anak-anak pun lepas.
Semua tertawa terpingkal-pingkal sambil melihat ke arah Susan yang salah tingkah. Susan menatap Gatra dengan geram, dan Gatra gantian memamerkan senyum lebarnya ke arah Susan.

"parah lu San, dua kali kena bom ma Gatra" kata Jery di sela tawanya.
"makanya San, hati-hati kalo mo ngeluarin joker ma bom" balas Ica menimpali Jery sambil menepuk bahu Susan.
"mo ngebom malah kena bom" Iqbal menimpali sambil tetap tertawa lebar.

Susan yang daritdi hanya jadi bahan tertawaan teman-temannya hanya bisa tersenyum kecut sambil mengeluh kesah "huuuuuuuhh, tobat dah gw gk mau ngelurin joker ma bom lagi".

teman-temannya yang mendengar keluhan Susan makin tertawa terpingkal-pingkal.

hikmah :
1. jangan plin plan. kalo kamu sudah bilang tidak, ya tidak.
2. jangan pernah sombong dengan apa yang kita miliki. seperti kata pepatah, diatas langit masih ada langit.

*untuk istilah yang tidak dimengerti, silahkan ditanyakan.. hehe ^_^

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Berhikmah di BlogCamp

12 January 2011

Januariku


bukan karena dia, mereka, atau siapapun makhlukNya..
aku mencintai bulan ini karena Dia yang selalu memberikan warna indah di bulan ini untukku..

bulan pertama aku belajar mencintai Dia dan makhlukNya..
bulan pertama aku mempelajari arti kebersamaan..
bulan pertama untuk merancang asa untuk sepanjang tahunku..
bulan pertama aku memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk laki-laki yang pernah menyentuh hatiku..
juga bulan pertama saat aku belajar arti perpisahan dengan orang yang berarti untukku..

aku mencintaimu Januariku..
mencintaimu sebagai waktu pertamaku merasakan indahnya menjadi manusia..
mencintaimu atas setiap moment indah yang jarang kudapat selain di Januari..
mencintaimu atas semua tawa dan bahagia yang kau bagi dengan alam..
mencintaimu karena kau selalu menjadikan aku lebih baik setelah aku melewati hari-harimu..

dan untukmu Januariku..
aku akan selalu merindukanmu..
merindukan setiap kejutan yang selalu kau hadiahkan untukku..
merindukan kebersamaan kita melewati hari-hari indah bersama..
merindukan cerita yang akan selalu menjadi kenangan berarti untukku..

11 January 2011

secangkir kopi untukmu


bermula dari secangkir kopi..
aku belajar bahwa hidup itu tak selalu semanis mimpi dan harapan kita..
kadang kita harus menelan rasa pahit..
meskipun proses yang kita jalani sudah sesuai dengan aturan yang ada..

berawal dari secangkir kopi..
aku belajar akan arti kebersamaan..
belajar untuk mendengarkan, mengeluarkan pendapat, dan belajar untuk berani memberikan nasehat..

secangkir kopi yang bermakna..
secangkir kopi yang memberikanku pandangan baru tentang hidup..
secangkir kopi yang ternyata tak hanya berarti pahit ataupun manis..
secangkir kopi yang ternyata menyimpan banyak keajaiban..

dan memang hanya dari secangkir kopi..
tapi karena secangkir kopi, aku bisa melihat senyum manis yang tak pernah aku lihat..
karena secangkir kopi, aku mulai percaya bahwa asa harus selalu ada..
karena secangkir kopi, aku mulai menikmati tiap perbedaan yang ada..
dan karena secangkir kopi juga aku bisa mengetahui banyak hal tentang kamu..

melalui secangkir kopi ini, aku hiaskan sedikit sayang diatasnya..
sedikit sayang yang akan membuat kopimu menjadi lebih manis..
sedikit sayang untuk terimakasihku atas kebersamaan yang telah tercipta..
sedikit sayang atas semua yang sudah kau bagi melalui secangkir kopi ini..

selamat menikmati..^_^

09 January 2011

Selamat Ulang Tahun


selamat ulang tahun.. ^_^
ntah bagaimana aku merangkai kata-kata ini, aku hanya ingin mengabadikan 20 tahun waktuku menikmati warna warni hidup yang sudah aku jalani..

bersyukur karena aku berada di tengah-tengah keluarga yang bisa dengan sangat mengerti aku..
orang tua yang aku percaya sangat sayang, sangat peduli kepadaku..
orang tua yang tidak membatasi pergaulanku dalam menjalani proses hidupku sebagai manusia..
sahabat yang membuatku makin bersyukur atas hidup, atas semua cerita dan kenangan yang membuatku terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik..
Allah yang selalu menuntunku, membimbingku, dan selalu memberikan yang terbaik atas hidupku..

20 tahun, proses yang cukup bagiku untuk memasuki titik awal kedewasaanku sebagai perempuan..
bersyukur karena keadaan yang pernah menuntutku untuk menjadi sedikit dewasa dari usiaku..
bersyukur karena Allah sudah memberikan banyak warna kehidupan yang membuatku bersahabat dengan alam, lingkungan, dan kenyataan..
bersyukur karena aku sudah diberikan kesempatan untuk menikmati hidup..

20 tahun, 2 fase kehidupan sudah terlewati dengan banyak kejadian, hikmah, dan juga warna tentunya..
saat aku menikmati masa kanak-kanak ku sebagai gadis kecil tomboy, saat aku mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan dan duniaku..
saat aku menjadi remaja cuek, saat aku mulai belajar bersahabat dan berinteraksi dengan lawan jenis..
saat aku mulai belajar menjadi dewasa atas semua pilihan hidup yang sudah aku buat..
saat aku belajar mengatasi masalah dengan ketegaran tanpa harus menetaskan airmata..
saar aku belajar berdamai dengan kenyataan atas hasil yang tak sesuai dengan harapan..

saat aku membuka mataku untuk pertama kali diusiaku yang ke-20..
kulihat ada banyak dunia yang sedang tersenyum kepadaku..
ada banyak cerita yang sedang menunggu coretan kelanjutan perjalanan hidup tuannya..
ada banyak senyum, banyak asa yang terajut meskipun dengan pintu yang berbeda-beda

saat ini, saat aku mengingat kembali perjalan hidup yang kuingat selama 20 tahun ini..
kuucapkan banyak terimakasih atas kalian yang sudah memberikan warna berbeda untuk hidupku..
untuk kalian yang sudah memberikan banyak pengalaman dan cerita baru di diary kehidupanku..

sahabat-sahabat terbaikku, sahabat yang tak akan bisa aku tuliskan lewat kata bagaimana aku sangat menyayangi kalian, sangat menghormati kalian, sangat bahagia karena Allah mengirimkan kalian sebagai kado terindah di hidupku..
aku tak mampu menuliskan tentang kalian lewat jariku, andai airmata bisa menceritakan tentang perjuangan kalian yang berusaha untuk menjadi sahabat terbaikku, akan aku teteskan airmata ini selama aku mengingat kalian..
terimakasih sahabatku, terimakasih atas cinta yang tak akan pernah bisa aku balas..
untuk tawa, tangis, dan semua pengalaman unik yang pernah kita alami bersama..
biarkan aku terus mengingat kalian, menyimpan kalian di titik penting hidupku sampai batas waktu yang membuatku tak mampu lagi untuk mengingat kalian..

kahidupan baru yang kujalani di ujung angka 1 umurku, dunia maya..
keluarga baru yang memberikan warna unik di kehidupanku..
sahabat, kakak, adik, semua kutemukan dalam satu pintu yang ku harap tak pernah aku tutup..
untuk sayang, perhatian, waktu, terimakasih sudah membiarkanku mengenal kalian..
berawal dari sebuah room sederhana, ternyata dunia yang kita ciptakan sangat besar, sangat kuat..
dunia yang membuatku belajar banyak karakter, sifat, dan juga arti kebersamaan..
facebook, kickandy, ruangmuslim, blogger..
dunia maya yang sudah memberikan banyak arti di dunia nyataku..

20 tahun, dan setelah tulisan ini selesai, awal babak angka 2 dihidupku akan segera dimulai..
2 fase kehidupan baru sebagai perempuan kuharapkan datang sebelum angka 2 ini berakhir..
dan untuk semua yang tak bisa aku rangkai di dinding ini, semoga aku tak melupakan mereka yang sudah ikut andil atas aku yang sekarang..

semoga asa yang masih ada tak hanya sekedar menjadi asa..
semoga aku bisa menemukan banyak cerita baru untuk mengisi perjalanan panjang ini..
semoga ku temukan sahabat-sahabat baru, dunia baru, tempat-tempat baru yang bisa membantuku untuk menjalani proses hidup yang lebih baik..
semoga Allah selalu setia menggenggam keimananku..

08 January 2011

ayah khayalanku


17 tahun aku menunggumu datang kehadapanku, sekali saja..
sekali saja aku ingin melihat laki-laki yang dulu kuharapkan menjadi laki-laki pertama yang aku kenal, hanya sekali saja..
tapi sepertinya sosok itu tak akan pernah muncul di hadapanku..
dan selamanya juga aku tak akan pernah punya sosok yang bisa aku panggil AYAH..

tak ada foto, tak ada bayangan, tak ada yang bisa menjelaskan siapa kau..
bahkan untuk memimpikan kau pun aku tak berani, karena aku sama sekali tak tau dan tak kenal siapa ayahku..

rinduku sudah tak menjadi rindu lagi yah..
entah ada apa antara kau dengan ibu, tapi kenapa harus aku yang jadi korban??
kenapa kau tak mencariku??
kenapa kau tak berusaha untuk melihat darah dagingmu disini??
atau jangan-jangan, kau bahkan tak tau kalo aku ada..

aku ingin marah yah, tapi sama siapa??
ibu selalu menutupi semua tentangmu..
bahkan untuk tau bagimana wajahmu pun aku tak bisa..
aku pernah marah ke Tuhan yah, sampe akhirnya aku sadar kalo ini semua bukan salahNya..
aku ingin marah ke ibu, tapi aku tak bisa karena perjuangannya menggantikan sosokmu..
hingga akhirnya aku hanya bisa menyalahkan diriku sendiri yang selalu mencari dimana dirimu..

kau tau apa yang aku rasa??
aku MALU..
aku hanya terdiam ketika teman-temanku bertanya siapa ayahku?? dimana ayahku??
apa aku harus bilang kalau aku ini hanya seorang ANAK HARAM??
kau tau, bertahun-tahun aku hanya bisa diam dan berlalu begitu saja ketika ada yang menanyakan tentangmu..
tapi sekarang..
maaf yah, 17 tahun waktu yang cukup bagiku..
kalo memang kau ayahku, setidaknya sekali saja kau datang menemuiku..
aku hanya ingin mencium tanganmu, sekali saja..
tapi itu tidak kau lakukan sampai detik ini..
dan sekarang aku sudah mempunyai jawaban atas pertanyaan tentang dirimu, "ayahku sudah meninggal"..
dan kau tau itu artinya apa?? mulai saat ini aku menjadi ANAK YATIM..
semoga kau suka dengan jawabanku yah..
jawaban yang tidak akan menganggu tidurmu lagi atas doa dari anakmu ini..

aku memang tak tau tentangmu yah..
kata mereka aku adalah hasil hubungan terlarang antara ibu dengan ayah..
kata mereka ayah pergi meninggalkanku ketika aku masih berumur 3 bulan di dalam rahim ibu..
tapi meskipun selama ini pikiranku dan sebagian hatiku membencimu, aku berusaha untuk tetap menjadi anak baik untukmu yah..
ku selipkan doa terbaikku di setiap shalatku..
ku selipkan satu asa yang meskipun saat ini aku sudah tak perduli dengan semua asa yang aku punya tentangmu..

kau tau yah..
sakit hatiku saat aku membaca semua tulisan tentang ayah mereka..
serasa tercabik hati ini ketika aku mendengar obrolan  yang menyanjung dan memuji ayah mereka..
aku hanya bisa menahan tangisku ketika aku merasakan itu semua yah..
aku ingin menjerit ke mereka "AKU TAK TAU RASANYA PUNYA AYAH", biar mereka semua diam..
tapi aku tak bisa dan aku bersyukur tak bisa melakukan itu, karena dengan begitu aku bisa membayangkan bagaimana sosok ayah pada umumnya..

ayah..
tiap bibir ini tak sengaja terlontar menyebut namamu, aku tak kuasa menahan tangisku yah..
tak ada yang mengajariku untuk tegar, untuk menjadi wanita kuat..
ah biarlah, aku tak boleh menangisimu dan menyalahkan takdir..
aku hanya berharap semoga kau tak melarangku untuk menyebut namamu di tiap doaku..

mulai saat ini aku tak pernah menganggapmu ada yah..
meskipun sulit, tapi sekarang aku sudah bisa berdamai dengan kenyataan..
dan karena kenyataanku mengatakan kau memang tak ada..
maaf karena aku hanya menganggapmu sebagai AYAH KHAYALANKU..

07 January 2011

memories of putih abu-abu

semua berawal saat kita memulai memakai seragam putih abu-abu kita, saat itu satu persatu aku mulai menjadikan kalian sebagai bagian kecil dari perjalananku. dan ketika kebersamaan itu mulai terukir ada dinding yang harus tetap kita lawan untuk tetap menyatukan kebersamaan kita, IPA-IPS. semua menjadi kenangan indah yang tak akan terlupakan kawan, bahkan ketika dulu ada kejadian yang sangat buruk, sekarang aku bisa menjadikan itu pengalaman yang unik dari kebersamaan kita. 
kalian inget perempuan yang berdiri di tengah-tengah kita?? ya, beliau adalah ibu Suswati, bunda terbaik yang kita punya selama di SMA. guru yang selalu sabar dalam menghadapi semua kenakalan kita.semoga kalo salah satu dari kita nantinya ada yang menjadi guru, kalian bisa mencontoh ibu Sus, jadilah guru yang baik ya kawan. :)

saat pulang sekolah kita berjalan beriringan dari gerbang ketempat loket kita, menunggu jemputan kita datang. jemputan?? hahahaha, kita berlagak bagai anak konglomerat, sampe-sampe kita mempunyai mobil pribadi untuk mengantar kita pulang ke istana kita masing-masing. angkot kak Darmadi, kendaraan yang senantiasa setia mengantarkan kita pulang setiap hari, bahkan kadang tak jarang kita meminta kak Darmadi untuk nunggu lama atau bahkan mengantarkan kita jalan-jalan dulu. sepertinya cuma kita yang mempunyai angkot pribadi, kangen saat-saat itu kawan, saat ada yang mengalah untuk naik pas kloter kedua karena angkot itu tak cukup kalo kita naik bersama. hehe

hal yang menarik lagi saat kita kabur les, hanya karena merayakan anniversary pangcin kita, Borie dan Pu'ah. sayang sekali hubungan mereka sudah putus saat ini, tapi ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. saat dulu kita heboh dengan kasus si sumpuk Rian dengan 2 selirnya, hahahahaha, sampe ada rapat-rapat segala. si eef dengan cinta diam-diamnya untuk sinta (hahahahahaha), indah yang sampai saat ini sepertinya masih sama (narsis), dan juga perjalanan ekstrim kita ke rumah dedek di Riang Bandung. tapi tempat rekreasi kita dulu  yang memberikan banyak kenangan, mencar, perjaya, waykawat, pernah juga ke goa putri, bahuga, way pisang, dll. dan ini sepertinya jalan-jalan terakhir kita ke mencar sebelum pengumuman kelulusan.

akhirnya, tibalah saat-saat yang dulu sangat kita nantikan, KELULUSAN, saat kita melepas seragam putih abu-abu yang sudah menempel di tubuh kita selama 3 tahun. saat-saat yang sekarang sangat kita rindukan, iya kan?? dan seperti siswa-siswa di seluruh Indonesia pada umumnya, kita merayakan kelulusan dengan corat coret dan konvoi bersama. hal yang buruk memang dan semoga generasi berikutnya tak ada yang seperti itu lagi. hehe.

dan akhirnya dengan lagu miliknya Sheila on 7 "Kisah Klasik untuk Masa Depan", kita menutup cerita di SMA Negeri 1 Martapura. ditutup dengan pembacaan pidato oleh Kokom dengan bahasa inggris, si padang uda menggunakan bahasa jepang (yang sampe sekarang masih jadi bahan ketawa ibu dan mbak aku, hahahahah), dan Borie dengan bahasa Indonesia. sebelum acara perpisahan juga kita pernah bikin acara perpisahan sendiri di kelas, bertangis-tangisan, berpelukan, saling jabat tangan meskipun ada juga yang masih belum bisa berdamai, kenangan yang lucu. dan ini adalah sebagian dari kenangan perpisahan kita.


hmm, semua ini untuk kalian sahabatku, untuk kalian kawan, untuk kalian yang sudah ikut andil memberikan warna di perjalananku. meskipun seragam putih abu-abu tinggal kenangan, tapi aku bersyukur karena persahabatan kita tak sekedar "sahabat SMA", kita masih bisa mengukir cerita bersama, meskipun dengan waktu yang sangat singkat karena sekarang kita sedang berusaha untuk masa depan kita sendiri-sendiri. spesial untuk kalian sumpukz-sumpukz terbaikku, terimakasih sudah menjadikan aku titik terpenting di hubungan ini. untuk kalian mizzy, ntah bagaimana kita nanti, tapi aku percaya kalo kita masih bisa untuk tetap berbagi tawa dan tangis bersama meskipun tidak sekarang. 

persembahan terakhir di episode ini untuk kalian, meskipun aku percaya tidak akan pernah ada kata "terakhir" di hubungan ini. terimakasih untuk semuanya, persahabatan yang terjalian indah selama lebih dari 5 tahun ini. always luv u, guys.. ^_^