30 March 2012

Kick Andy Chat Room (KACR)

Awal tahun 2010 lalu, karena sebuah keisengan dan ketidaksengajaan, saya akhirnya bergabung dengan komunitas ini. Awalnya, saya membuat akun di website kickandy[dot]com karena saya ingin mengikuti kuis yang diadakan disetiap akhir acara. Dan ketika sudah mencoba beberapa kali tapi saya tetap saja gagal mendapatkan hadiah buku, saya akhirnya berselancar lebih dalam ke akun saya tersebut.

Saya nyasar ke sebuah chat room yang ada di website kickandy. Sambutan yang ramah dan hangat, akhirnya membuat saya ketagihan untuk terus berkunjung ke chat room tersebut. Ngobrol bersama dengan mereka sungguh menyenangkan, dan itu adalah salah satu hiburan ditengah kepenatan saya ketika saya masih bekerja dulu. Teriakan-teriakan khas yang selalu dilontarkan ketika ada anak KA (Kick Andy) yang baru bergabung di chat room, itu benar-benar membuat saya betah dan akhirnya menjadi bagian dari mereka.

chat room di kickandy[dot]com
Kick Andy Chat Room atau yang sering kami singkat sebagai KACR, adalah ruang mungil yang akhirnya membuat saya serasa memiliki sebuah keluarga yang utuh di dunia maya. Kami yang berbeda suku, berbeda agama, profesi dan juga latar belakang keluarga, akhirnya bisa benar-benar menjadi satu ketika kami sudah berada di chat room tersebut. Tidak hanya terbatas di chat room saja, komunitas Kick Andy atau yang sering kami sebut sebagai anak-anak KA ini pun menjalin hubungan secara nyata. Pada tanggal 31 Oktober 2010, Ade Harumi membuat grup KAMUT (Kick Andy Community) di Facebook. Ada lagi anak KA yang membuat KATAK (Kick Andy Gtalk), untuk sarana komunikasi anak-anak KA yang suka chatting di Gtalk. Saling sms, telpon atau conference call pun kerap kami lakukan supaya kebersamaan kami tetap terjaga dengan baik.

Komunitas ini memang tidak sengaja terbentuk, atau bahkan bisa dibilang terbentuk dengan sendirinya. Berawal dari obrolan kami di chat room, dan kemudian merambah lebih luas lagi. Bersama komunitas ini juga, saya akhirnya bisa merasakan yang namanya KOPDAR (Kopi Darat). Sejauh ini, yang pernah melakukan kopdar adalah anak KA Palembang, anak KA Jakarta, anak KA Jogja, anak KA Bandung dan anak KA Surabaya. Indahnya kebersamaan dari KACR ini tidak hanya sebatas suka. Kami saling mengkhawatirkan, saling mencemaskan satu sama lain ketika diantara kami ada yang sedang terkena musibah atau ketika sedang sakit. Saling mendukung, menguatkan, dan anak KA Jakarta pun pernah menemani hari bahagia salah satu anak KA di hari pernikahannya.

Dan kini, tepat 2 tahun sudah saya menjadi bagian dari komunitas Kick Andy. Mereka membuat hidup saya menjadi lebih berwarna, karena mereka adalah saudara, sahabat dan keluarga pertama saya di dunia maya. Bersama mereka, saya mengenal banyak orang hebat dan saya juga belajar untuk mengerti orang-orang yang tak kasat mata. KACR sudah membuat saya menjadi lebih berani untuk bersosialisasi di dunia maya, membuat saya akhirnya mempunyai jaringan yang lebih luas lagi. Dari mereka juga, saya akhirnya belajar ngeblog. Dan blog ini adalah salah satu bukti dari kebersamaan saya dengan komunitas ini, karena blog ini tercipta setelah saya membaca beberapa buah karya indah dari anak-anak KA. Mereka yang sudah mensupport saya untuk terus menjadi blogger, terus menulis dan memberikan karya terbaik untuk semua orang.

Meskipun sekarang kami sudah jarang kumpul bareng di chat room kickandy[dot]com, tapi kebersamaan kami tetep terasa. Ketika saya lupa dan jarang menyapa mereka, mereka duluan yang selalu menghubungi saya. Selalu begitu, hingga kami saling terbiasa untuk saling menyapa satu sama lain. Mereka, orang-orang hebat yang sudah saya jumpai di KACR sudah menjadi bagian dari hidup saya. Memang tidak semua anak-anak KA mempunyai tanggapan yang sama seperti saya, apalagi bagi mereka yang tidak pernah bergabung di chat room. Tapi bagi mereka yang pernah hidup di chat room seperti saya, mereka pasti akan membenarkan bahwa komunitas dan kebersamaan indah ini benar-benar ada. Karena bagi saya dan mereka yang sudah satu jiwa dengan KACR, kebersamaan kami memang sudah lebih dari sekedar persahabatan maya biasa. Indahnya kebersamaan dengan anak-anak KACR tidak akan pernah tergantikan. Mereka adalah inspirasi saya, inpirasi dari tulisan-tulisan yang pernah saya tuangkan di blog, juga inspirasi dari cerita-cerita yang sudah saya buat.

Dan berikut, adalah kebersamaan indah yang pernah kami rangkai bersama. Meskipun tak pernah terlihat secara nyata, tapi mereka benar-benar terasa nyata di hidup saya. 

kopdar anak-anak KA
Persembahan spesial untuk mereka, seluruh anak-anak KA. Terimakasih untuk persahabatan yang sudah kalian berikan, terimakasih untuk cinta dan cita yang pernah kita rasa bersama, terimakasih untuk semua kenangan yang sudah kita ciptakan. Mengenal kalian adalah keberkahan tersendiri buat saya, dan bersama dengan kalian adalah salah satu hal yang selalu saya rindukan. Teruslah seperti ini, teruslah menjadikan KACR sebagai bayang-bayang kebersamaan kita. Karena apapun dan bagaimanapun, status sebagai anak KA akan tetap selalu ada bersama kita. Salam manis selalu untuk kalian semua, dan semoga kelak impian kita untuk kopdar nasional pun bisa terlaksana. Dan saya, saya sangat bahagia bisa menjadi bagian dari Kick Andy Chat Room dan komunitas Kick Andy.

*91'91*

6 comments:

  1. sukses selalu.
    kunjung balik yaaaa

    ReplyDelete
  2. Aku anak KA juga kan Eyang uti ...^_^

    ReplyDelete
  3. 9191

    angka menandakan dhenok punya ya *peluk
    luph yu muach2 bwt penghuni KACR, knangan indah saat bersama klyn

    nice post Dhe, LANJUTKAN!!!;!


    flow

    ReplyDelete
  4. komnitas membuat kita tak mati gaya.. alias membuat kita selalu dinamis...
    menarik

    #Blogwalking sekalian mau ngasih info
    Event Blogger Hadiah Android Samsung & Voucher2 Belanja Matahari
    semoga bermanfaat
    Salam Bahagia

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.. ^_^