20 February 2012

Witing Tresno Jalaran Soko Kulino

=============================================
Masih ingat dengan ungkapan dalam bahasa Jawa berikut ini, "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino"?? Kalo diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah "Cinta Tumbuh Karena Terbiasa". Terbiasa bertemu, terbiasa bersama, maka secara tidak langsung maka benih-benih cinta pun bisa tumbuh. Dan kemudian akan berlanjut menjadi terbiasa mencintai.

Menjalin sebuah hubungan yang sedikit lebih serius dengan seseorang, pasti dibutuhkan keberanian yang besar. Keberanian untuk mencintai, keberanian untuk menerima, juga keberanian untuk berbagi dan bersama dengan orang yang kita sayang. Terlebih ketika kita menemukan banyak kesamaan dengan pasangan kita, maka secara otomatis rasa sayang kita pun akan bertambah besar. Pasangan yang kita miliki, ternyata sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hmm, biasanya saat-saat indah dan penuh cinta ini selalu dirasakan oleh pasangan baru.

Seiring berjalannya waktu, perlahan setiap pasangan akan mulai menemukan masalah didalam hubungan mereka. Dan biasanya perbedaan pendapat yang sering menjadi sumber keributan. Belum lagi alasan lain seperti bosan atau jenuh terhadap pasangan, itu bisa menjadi penyebab keretakan sebuah hubungan. Dan ketika sudah tidak ada lagi cara untuk mempertahankan sebuah hubungan, maka kata putus pun menjadi satu-satunya cara yang harus dipilih.Yang diputuskan, atau yang memutuskan, pasti sama-sama merasa tersakiti. Terlebih kalau hubungan yang mereka bina sudah berjalan cukup lama. Mereka sudah saling mengerti, mereka sudah cocok, atau bahkan mereka sudah saling mengenal keluarga pasangannya. Itu akan membuat perpisahan menjadi terasa sangat berat, untuk alasan karena ketidak cocokan.

Terbiasa bersama dan kemudian mendadak harus menjalani semuanya seorang diri, pasti itu akan menjadi hal yang sulit. Terbiasa dengan perhatian, mendadak kita harus terbiasa untuk tidak ada yang memperhatikan kita lagi. Terbiasa untuk berbagi, mendadak kita harus terbiasa untuk bisa menyimpannya sendiri. Bagi pasangan yang baru saja memutuskan untuk putus, itu akan menjadi saat-saat yang luar biasa sulit. Bahkan tak jarang, karena tak bisa melewati masa-masa itu, banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk balikan. Alasan rindu, kangen, dan tak betah sendiri, itu biasanya menjadi alasan utama bagi pasangan yang baru putus untuk balikan lagi.

Bukan hanya itu sebenarnya, ada banyak alasan yang menjadi penyebab seseorang untuk balikan dengan mantan pasangannya. Baik itu yang baru putus, atau yang sudah lama putus. Takut atau malas untuk memulai hubungan baru dengan orang lain, merasa sudah sangat cocok dengan mantan pasangannya atau dengan alasan basi "Masih Cinta", itu semua adalah alasan pamungkas yang diucapkan ketika seseorang mengajak balikan mantan pasangannya. Apalagi kalau ditambah support dari keluarga dan juga sahabatnya, pasti balikan akan menjadi hal sangat diharapkan oleh pasangan tersebut. Tapi percayalah, balikan itu hanya terjadi karena mereka sudah terbiasa mencintai pasangannya. Dan ketika dirinya berusaha untuk tidak mencintai lagi, maka hatinya pun akan menolak. Maka terjadilah fenomena balikan.

Nah, supaya kata putus tidak mudah terucap. Ada baiknya setiap pasangan selalu berusaha untuk menjaga keharmonisan hubungan mereka. Masalah itu adalah bumbu pelengkap di dalam sebuah hubungan dan setiap masalah itu bisa diselesaikan dan pasti ada jalan keluarnya. Jadi ketika masih saling emosi, dinginkan dulu pikiran dan hati baru kemudian berdiskusi bersama untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Bersabar dan sedikit mengalah itu jauh lebih baik daripada harus putus dan kemudian balikan. Karena cinta yang sudah terbiasa tumbuh, akan susah untuk dihentikan.

 *91'91*

4 comments:

  1. benar mas, sebelum mengeluarkan kata putus mestinya juga sudah dipikirkan mateng2... bisa jadi hanyalah emosi sesaat...:D

    ReplyDelete
  2. balik lagi dhe. tapi saya yang lagi menghilang :D

    ReplyDelete
  3. Kalau putus yaa putus, ga usah balikan lagi.. Hehehe..

    Masih ingat dengan ungkapan dalam bahasa Jawa berikut ini, "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino"?? Kalo diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah "Cinta Tumbuh Karena Terbiasa".

    Cari yang baru,, biasakan bertemu, biasakan bersama, maka secara tidak langsung maka benih-benih cinta pun bisa tumbuh. Dan kemudian akan berlanjut menjadi terbiasa mencintai...

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.. ^_^